Ambil Sumpah Direksi Perusahan Daerah, Akerina Harap Genjot PAD SBB

Pemerintahan

Piru, CakraNEWS.ID– KOMISARIS beserta jajaran direksi Perusahan daerah kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) diambil sumpahnya oleh Bupati, Timotius Akerina, Senin (11/10). Pengambilan sumpah komisaris serta jajaran direksi Badan Usaha Milik Daerah alias BUMD itu berlangsung lancar dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Kompisisi BUMD PT. Saka Mese Nusa Utama yang diambil sumpahnya diantaranya, Komisaris Ely S.Sos, Direktur Muhamad Jais Patty Direktur Utama, Rio Suneth Direktur Keuangan, Ronaldo Bremer Direktur Oprasional.

Bupati Timotius Akerina kesempatan itu mengharapkan Peranan BUMD untuk dapat menigkatkan starata ekonomi.

Akerina mengaku, banyak potensi yang bisa kita garap baik itu di sektor pertanian maupun di sektor perikanan dan lain sebagainya.

“Dua sektor yang sangat menarik kita garap dalam proses perusahan Daerah yang paling penting ,sektor perikanan dan sektor pertanian di Kab SBB , sektor perikanan paling terkenal dengan Ikan Tunanya bahkan samapai hari ini tidak ada pengelolanya yang prifesional,” ungkapnya

Dikatakan, sektor pertanian contoh seperti tanaman Jahe misalnya bisa di kelila secara srimultan melalui Bungdes Bungdes yang ada di Desa masing masing.

Bupati juga mengakui, akan membentuk Tim Evaluasi APBDes yang nantinya mengarah ke program Desa yang bisa singkron dengan Pemerintah , satu diantaranya pengembangan BUMD dan Bumdes.

“Kalau Bumdes itu melakukan pengelola di Desa dan mengarah pada BUMD dan itu kerja sama dengan pihak lain seperti perusahan yang Go Internasional atau perusahan yang sudah mampu bekerja sama untuk pengembangan apa yang menjadi tujuan Kita dan bagai mana Kita meningkatkan PAD,” jelasnya.

Disamping itu bagaimana kita menghidupkan roda perekonomian mulai dari Desa sampai ke Kabupaten , intinya kata Bupati, bagaimana BUMD bisa menciptakan Laba itu dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

“Programnya harus singkron maka Kita bentuk tim Evaluasi supaya data Desa Kita Evaluasi programnya, seperti Kita Evaluasi di Kabupaten dan Provinsi. BUMD apa tujuannya Bumdes apa tujuannya mau kelola apa. Jangan cuma Inves seratus juta ke Bumdes tidak tahu hasilnya seperti apa ? sekarang yang terjadi di Desa Desa Bumdes uangnya sekian hasilnya tidak ada,” akui Bupati.

Dirinya berharap, Direksi dan Komisaris punya Inivestasi dalam rangka membangun kemitraan, dalam sektor pertanian dan perikanan.

“Karena kita punya tenaga punya lesensi ini yang harus kita bangun agar Ekonomi Kita bisa berkembang dengan baik,” pungkasnya.*** CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *