Anggota Kompolnas Bersama Komunitas Pesepeda Jakarta Gelar Peringatan Hari Bersepeda Dunia

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Peringatan hari bersepeda sedunia, tanggal 3 Juni tahun berjalan, selenggarakan komunitas pesepeda di Kota Jakarta dengan menggelar aksi bersepeda sehat.

Puncak peringat hari bersepeda seduai, yang digelar dalam kegiatan bersepeda sehat, oleh komunitas pesepeda di Kota Jakarta, dan beberapa daerah yang di pusatkan di lokasi wisata Kota Tua, pada Minggu (2/6/2024), turut di ikuti mantan Kepala Korp Lalulintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol (Purn), Drs Pudji Hartanto Iskandar,MM.

Dari data panitia penyelanggara peringatan hari bersepeda dunia yang digelar di Kota Tua, Jakarta, tercatat melibatkan 485 klub sesuai pendaftaran yang tertera dalam flyer dengan perkiraan yang hadir kurang lebih 2100 pesepeda dengan berbagai jenis sepeda, ada sepeda ontel, sepeda mtb, sepeda lipat dan lain-lain.

Klub pesepeda yang hadir juga mengenakan gaya jersey/kostumnya masing-masing klub dengan tampilan menarik dihiasi warna warni semarak semangat.

Acara cukup meriah walau terkesan sangat sangat sederhana namun sukses. Para pesepeda dengan clubnya banyak yang datang dari luar Jakarta diantaranya dari Serang Banten, Tangerang, Depok, Bekasi, Sukabumi, meriah sekali.

Selain acara foto bersama acara didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia raya kemudian dilanjutkan sambutan.

Selaku ketua penyelengara peringatan hari bersepeda dunia, Ali Munawar dalam sambutanya, menyampaikan rasa haru karena yang hadir sangat banyak berantusias semangatnya. Hal ini jadikan ajang silaturahmi dan budaya sepeda guna badan sehat.

“Saya menyampaian terimaksih kepada club yang hadir serta permohonan maaf dengan harapan pada penyelenggaraan tahun depan bisa lebih sukses lagi,” kata Ali Munawar.

Di kesempatan yang sama, mantan Kakorlantas Polri, Irjen Pol (Purn), Drs Pudji Hartantanto Iskandan, yang teutur hadir mengambil bagian dalam kegiatan tersebut, menyambut baik acara seperti ini sebagai ajang komunikasi antar lintas komunitas.

Pudji hadir bersama komunitas sepedanya DCGC (Divia Cita Gowes Club) yang diketuai oleh Tjetjep Agus Supriatna dan bersama juga dengan Club B21 Jakarta (Brompton Tuan Jakarta) dimana sebagai pimpinannya adalah Jimmy dengan motonya “SEBASKOM” (sehat bahagia sukses/silaturahmi kompak).

Harapan Pudji yang juga pehobi bersepeda, saat memberikan sambutan memberikan penyemangat para peserta. “Kita bersepeda untuk;

  1. Membudayakan sepeda sebagai sarana olah raga untuk kita bisa sehat, bahagia, silaturahmi, sehingga diantara kita makin kompak.
  2. Membantu Pemerintah untuk membuat langit biru, menuju tempat kerja atau aktivitas lain dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang sehat dan ramah lingkungan.
  3. Menciptakan tertib sosial dan berdisiplin lalu lintas saat bersepeda sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Oleh karenanya mari kita manfaatkan lajur yang sudah ada dan yang sudah disiapkan pemerintah.

“Kepada pemerintah harapannya mewakili para klub menitipkan pesan moral bahwa, Hari sepeda dunia dijadikan hari bersepeda dunia Indonesia dan di rayakan di seluruh Indonesia serta didukung Pemerintah baik pusat maupun daerah.Buat atau perbanyak lajur sepeda pada jalan protokol dan atau pembangunan jalan khusus sepeda, yakni tidak satu jalur dengan kendaraan bermotor lainnya seperti halnya di negara negara maju seperti Jepang, Korea, Amerika, Belanda,”harap Pudji Hartanto.

Menurutnya,untuk menggalakkan budaya bersepeda di Indonesia, tentunya pemerintah dapat memberikan subsidi pembelian sepeda kepada pekerja yang akan benar-benar berangkat pulang bekerja menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan.

Acara puncak peringatan, hari bersepda sedunia tersebut, turut di hadiri para panglima penyelenggara diantaranya adalah, Ketua Forkom Jakarta Pusat, Cepu Supriyanto, Ketua Forkom Jakarta Timur, Dani Sanki, Ketua Forkom Jakarta Barat, H Maksum, Ketua Forkom Jakarta Utara, Rahadian Wibowo, Ketua FCC KOTA TUA, Ali Munawar. Serta suported komunitas sepeda club diantaranya (Magos, IBU, Godidem, KGJ, HBC dan B2W Jakut).*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *