Apresiasi Ajakan Kapolri Kepada Santri Se-Jatim, Kompolnas Minta Polri Tingkatkan Vaksinasi Di Berbagai Komunitas

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Ajakan Kapolri, Jenderal  Listyo Sigit Prabowo, kepada para santri dan pengurus Pesantresn, untuk tetap menjaga protokol kesehatan,saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi 41 pesantren se-Jawa Timur, diapresiasi oleh Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

“Saya merasa bahagia mendengar kabar vaksinasi massal dilingkungan Pesantren di Jawa Timur yang diperuntukkan kepada kalangan Santri Pesantren. Bagi kalangan Santri Pesantren ada adagium yang amat populer: Al-Wiqayatu Khairun Minal ‘Ilaaj, pencegahan diri dari penyakit lebih penting dan lebih utama dari pada mengobati,” ungkap Anggota Kompolnas,H.Mohhamad Dawam, dalam keterangan tertulis yang diterima CakraNEWS.ID, Jumat (27/8/2021).

Dawam menuturkan, konteks vaksinasi bagi kalangan Santri Pesantren kali ini adalah menepati adagium diatas. Tentu dalam hal ini, bagi kalangan Santri Pesantren memandang program vaksinasi yang terus digalahkan Pemerintah harus didukung, harus direspon dan harus dipatuhi.

“Pemerintah melakukan vaksinasi massal ini dalam rangka penguatan kekebalan komunal di masyarakat tanpa melihat dan membeda-bedakan etnis, gender, ras, agama, golongan, kelompok sosial dan politik ini menunjukkan konsistensi Pemerintah dalam upaya ikut menjaga Indonesia dari serbuan covid-19 dimanapun dan kapanpun,” ujar Gus Dawam.

Dawam mengatakan, sejatinya Konsep Negara dalam menjaga jiwa penduduknya adalah sejalan dan sesuai dengan Konsep Tujuan Utama Ajaran Agama, Maqashidusy-Syariah berupa Hifdun Nafs. Untuk itulah ikhtiar ini perlu diapresiasi mendalam oleh semua elemen masyarakat Indonesia bahkan oleh siapapun manusianya.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi 41 Ponpes Se-Jatim, Kapolri Ajak Para Santri Dan Pengurus Ponpes Disiplin Terapkan Prokes  

“Kegiatan vaksinasi ini amat mulia ditinjau dari sisi tujuan beragama maupun dari sisi tujuan bernegara, melindungi segenap tumpah darah Indonesia disamping juga sebagai wahana mempererat harmoni sosial. Dengan demikian juga menjadi bagian dari implementasi nilai-nilai agama dan sekaligus nilai luhur Pancasila. Hal ini tentunya bisa dikatakan sebagai program religius dan kemanusiaan,”Ucapnya.

Menurutnya, Kapolri dan TNI yang menjadi garda terdepan dalam hal vaksinasi dalam rangka menumbuhkan herd immunity kelompok masyarakat ini diberi kemudahan dalam pelaksanaannya, kesuksesan mememuhi target Presiden dan selalu mendapat kesehatan lahir batin.

“ Kinerja aparatur Pemerintahan yang dimotori Polri dan TNI dalam ikut serta membangun bangsa pada saat pandemi ini telah ditunjukkan secara real. Berharap program-program serupa dengan kolaborasi bersama elemen masyarakat untuk terus memberi solusi setidaknya untuk meringankan beban masyarakat utamanya masa-masa sulit ini,” kata Dawam

Dawam mengatakan, alangkah bagusnya apabila program serupa dilakukan di berbagai daerah dan kelompok masyarakat diseluruh wilayah Indonesia.

“Vaksinasi massal yang massif dilakukan Polri akan memicu kepercayaan publik kepada Polri sekaligus berdampak positif meningkatkan daya tahan imunitas masyakarat. Saya sangat berterimah kasih dan berharap sekali lagi, semoga program serupa terus ditingkatkan ke berbagai komunitas dan wilayah di Indonesia,” Pungkasnya.(CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.