Bakamla RI Bersama USCG AS, Gelar Latihan Pengamanan Maritim Diperairan Kepulauan Riau

Militer

Kepri,CakraNEWS.ID- Kapal United States Coast Guard (USCG) Cutter Stratton berkunjung ke Indonesia dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomasi Indonesia-Amerika Serikat (AS). Selain itu juga untuk bertemu dan menggelar latihan bersama Bakamla RI/IDNCG dan USCG AS di perairan Kepulauan Riau.

Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandhago, bersama Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, menyambut hangat Komandan Komandan Kapal US Coast Guard Cutter Stratton WMSL 752, USCGC Stratton, Capt. Bob Little, di Dermaga 99, Pelabuhan Batu Ampar,Kota Batam,Provinsi Kepualauan Riau, Jumat (9/8/2019).

Pertemuan itu berlangsung di tengah suasana penyambutan kapal Stratton yang berlabuh tepat pukul 10.00 WIB, di Dermaga Batu Ampar.Pengalungan bunga dan alunan musik marching band SMKP Maritim Nasional, mengawali langkah kaki kedua komandan kapal, KN Tanjung Datu 301 Bakamla RI/IDNCG Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, dan Komandan Kapal US Coast Guard Cutter Stratton WMSL 752, Capt. Bob Little. Ke-2 nya duduk bersama Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, dan Direktur Latihan Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandhago, untuk menikmati performa tari Sekapur Sirih atau tarian penyambutan selamat datang.

Terlihat Capt. Bob Little yang datang bersama Senior Chief Garrido dan Ensign Haerr sangat menikmati sambutan tersebut, apalagi ketika salah satu penari memberikan sirih sebagai bentuk penghormatan, dengan antusias mereka mencoba rasa sirih yang diberikan.

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI/IDNCG Laksdya Bakamla A. Taufiq R. yang dibacakan oleh Laksma Bakamla Yeheskiel, menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan kapal USCG Cutter Stratton untuk mengikuti Joint Exercise. Dikatakannya, bahwa latihan ini digelar untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, perlindungan maritim dan information sharing.

Dikatakan pula bahwa keamanan maritim dikawasan perbatasan tidak bisa berjalan sendiri, butuh kerja sama dengan negara sahabat terutama antar coast guard.

“Oleh karena itu, momentum peringatan 70 tahun diplomasi Indonesia-AS, dengan kedatangan kapal USCG ini dimanfaatkan pula dengan mengadakan latihan bersama antar coast guard dua negara”, ujar Laksma Yeheskiel.

Adapun puncak latihan bersama yaitu boarding exercise yang akan digelar Minggu (11/8/2019) dengan melibatkan kapal patroli terbesar Bakamla RI/IDNCG KN Tanjung Datu 301 dan Kapal USCG Cutter Stratton, di dermaga Batu Ampar.

“Selain sebagai kapal markas, KN Tanjung Datu juga digunakan untuk patroli, latihan, dan memiliki ruang medis yang mumpuni, yang sedikit banyak merepresentasikan Bakamla RI secara keseluruhan,” penggelan informasi yang dibeberkan Komandan KN Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H, M.Si (Han) M.Mar, kepada segenap kru USCG Cutter Stratton, di Officers Lounge Room KN Tanjung Datu 301 yang sedang sandar di Pelabuhan Batu Ampar.

Dikatakan juga, KN Tanjung Datu telah beberapa kali melakukan latihan bersama, antara lain dengan Japan Coast Guard dan juga baru-baru ini selesai melaksanakan kunjungan muhibah ke India Coast Guard.  (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *