BMKG Imbau Masyarakat Kota Ambon dan Sekitarnya Waspada Cuaca Ekstrim

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku menghimbau masyarakat kota Ambon agar mewaspadai cuaca ekstrim selama sepekan ke depan.

Kepala BMKG Maluku, Djati Cipto Kuncoro dalam press release yang diterima tim Media Center, Minggu (17/3/24), menyatakan cuaca ekstrim yang ditandai turunnya hujan dengan intensitas sedang – lebat dengan durasi waktu yang panjang, dapat menyebabkan bencana banjir rob, banjir bandang, dan tanah longsor.

“Wilayah dengan topografi curam/bergunung/tebing diharapkan dapat lebih waspada terhadap dampak yang ditimbulkan oleh cuaca ekstrim,” ungkapnya.

Berdasarkan pengataman BMKG, beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami dampak bencana Hidrometeorologi sebagai akibat signifikan dinamika atmosfer yang turut meningkatkan cuaca ekstrim.

“Tercatat adanya hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrim pada beberapa wilayah di indonesia termasuk di Maluku,” bebernya.

Kuncoro merinci penyebab terjadinya cuaca ekstrim yakni aktivitas Madden Julian Oscilation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin, dan Rossby Equatorial yang masih terpantau dan diprediksi aktif dalam beberapa hari kedepan.

Selain itu BMKG juga memantau adanya 3 (tiga) bibit siklon, yang salah satunya telah menjadi Siklon Tropis Megan.

Terkait Siklon Tropis Megan ini Kuncoro menghimbau masyarakat agar tidak panik, namun tetap waspada akan kemungkinan cuaca ekstrim.

“BMKG akan terus melalukan pemantauan berkelanjutan 24/7 untuk perkembangan kondisi cuaca serta potensi pembentukan bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Masyarakat diminta untuk selalu memonitor perkembangan peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG,” tandasnya. *** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *