Bupati Malteng, Abua Tuasikal Resmikan PLTD Di Tiga Desa Di Kecamatan Banda

Pemerintahan

Masohi,CakraNEWS.ID- Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, di dampingi ketua TP PKK, anggota DPRD Malteng, pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng dan General Manager PT. PLN Persero Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Banda, meresmikan Penyalaan Listrik Desa dan Sosialisasi motor listrik kepada masyarakat di kecamatan Banda belum lama ini di Banda Neira.

Dalam sambutannya Bupati dua periode ini mengatakan, Pemda  bersama masyarakat Malteng sangat mengapresiasi dan menyambut baik, pengresmian unit pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dan penyalaan pistrik pesa yang dilaksanakan saat ini.

“Pemerintah daerah dan masyarakat Malteng terkhusus di kecamatan Banda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara dan Manager Unit Pelaksana Ambon serta semua pihak yang telah berhasil mengoperasikan Unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel pada Pulau Ay, Pulau Rhun dan Pulau Hatta,”ungkap Tuasikal.

Tuasikal mengatakan, melalui kehadiran dan perhatian PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ambon, telah membuktikan komitmen pemerintah dalam menjawab berbagai tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan tenaga listrik yang merata dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik dan harga yang wajar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Maluku Tengah.

“ Sektor penerangan atau ketenagalistrikan merupakan sektor yang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan. Olehnya itu pemerintah daerah terus berupaya untuk dapat mewujudkan pemenuhan sarana kelistrikan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah bahkan tidak terkecuali bagi daerah-daerah atau negeri-negeri dengan jangkauan atau akses terjauh dari pusat pemerintahan Ibu Kota Kecamatan atau Kabupaten,”Ujarnya.

Lanjut dikatakannya, dalam kaitan itu, upaya pemerintah daerah untuk pemenuhan sarana kelistrikan di daerah, juga mendapat respon yang baik dari PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ambon. Dimana melalui komunikasi dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah sehingga pembangunan ketanaga listrikan di Kecamatan Banda khususnya di Pulau Ay, Pulau Rhun dan Pulau Hatta dapat dilaksanakan sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Tentunya harapan kita bersama semoga dengan di resmikannya Unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel pada Pulau Ay, Pulau Rhun dan Pulau Hatta hari ini, maka ketersedian listrik bagi masyarakat nantinya dapat menunjang kegiatan perekonomian masyarakat kedepannya,” Harapnya.

“Untuk itu kepada seluruh masyarakat, saya (bupati Tuasikal) perlu mengingatkan agar masyarakat selalu dapat berhati-hati dalam menggunakan listrik, dan dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar agar bisa bermanfaat,”himbau Tuasikal.

Selain itu juga Tuasikal sangat optimis kalau pengresmian dan penggunaan penyalaan distrik di kecamatan Banda mampu mempercepat pembangunan dan perekonomian warga dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Malteng khususnya di kecamatan Banda.

Kendati demikian sebagai kepala Pemerintah di Kabupaten berjuluk “Pamahanunusa” Tuasikal mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap pro aktif dalam penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak membebani masyarakat  dalam sistim pembayarannya.

Sejalan dengan itu, Tuasikal sangat berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada pimpinan PLN wilayah Maluku-Maluku Utara yang telah berkomitmen bersama Pemda Malteng dalam menyediakan listrik bagi kebutuhan masyarakat di kecamatan Banda.

“Melalui kesempatan ini saya juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, karena pandemi COVID-19 hingga saat ini masih belum berakhir,”ajak Tuasikal.

Tausikal juga mengajak masyarakat Banda Naira, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, dalam rangka membantu pemerintah, untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Maluku Tengah.

“Saya terus berharap agar kita semua selalu mampu bekerja keras, penuh dedikasi, disiplin, dan profesional serta terus  bekerjasama dan bergandeng tangan, bahu membahu mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah. Serta melayani masyarakat sesuai tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita demi mewujudkan Maluku Tengah Yang Lebih Maju, Sejahtera, dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara,”Pungkasnya. (CNI-06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *