Dinkes SBT Gandengkan PKK Jalan Sehat dan Senam Bersama Bertabur Doorprize

Kesehatan

SBT,CakraNEWS.ID- Suasana Desa Administratif Namalean, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Rabu (05/10/2022). Negeri berjuluk Etaronan pada pagi pukul 06.00 WIT ramai tidak seperti hari biasanya. Satu per satu warga dari berbagai penjuru desa yang ada di Kecamatan Gorom Timur dan Pulau Gorom serta Pulau Panjang datang ke Lapangan Sepak Bola Namalean.

Ternyata kedatangan mereka sudah direncanakan jauh-hauh hari untuk mengikuti program jalan santai dan senam sehat yang diadakan Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT.

Acara jalan santai dan senam sehat ini diselenggarakan untuk memeriahkan aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam rangka kolaborasi masyarakat hidup sehat.

Selain kegiatan aksi Germas, Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT juga sebelumnya melakukan berbagai kegiatan yang telah sukses digelar adalah kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor di Puskesmas yang ada di Kecamatan Pulau Gorom dan Gorom Timur, kunjungan ke desa lokus stunting dan berbagai kegiatan lainya termasuk pengobatan gratis, sunatan masal gratis dan puncaknya yaitu kampanye Germas.

Sementara kegiatan kampanye Aksi Germas diawali dengan jalan santai yang mengambil start di jalan masuk Desa Namalean dan finish di Lapangan Sepak Bola Namalean yang merupakan panggung utama digelarnya kegiatan dilanjutkan dengan senam sehat yang di pandu langsung oleh Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT.

Kegiatan ini selain dihadiri Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan Sekretaris Daerah Jafar Kwairumaratu juga diikuti Camat Pulau Gorom dan Gorom Timur, Kepala Puskesmas di wilayah Pulau Gorom dan Gorom Timur, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa, para Kader Posyandu, Tenaga Kesehatan kedua kecamatan, stakeholder terkait dan masyarakat setempat.

Setelah jalan santai, dilanjutkan senam sehat disela-sela kegiatan juga di bagikan nomor undian doorprize, kepada seluruh masyarakat yang turut memeriahkan.

Dari pantauan media ini kegiatan jalan santai dan senam sehat bertabur doorprize ini dalam memeriahkan aksi Germas merupakan kali pertama dan yang terbesar di Kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa dengan disediakan ratusan kupon oleh Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT yang di berikan kepada masyarakat guna merebut puluhan doorprize dengan hadiah utama berupa TV, Kulkas, Sepeda disertai hadiah menarik lainya.

Kepala Bidang Pelayanan dan SDK Dinas Kesehatan Kabupaten SBT Wahyudin Sima-sima Sohilauw menyampaikan, Esensi dari kegiatan ini adalah kebersamaan dan mengajak masyarakat untuk terus melakukan pola hidup sehat melalui jalan santai dan senam sehat untuk memeriahkan kampanye Germas dengan disediakan doorprize oleh Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT.

Putra asli bumi Etaronan Desa Namalean ini juga mengungkapkan Germas merupakan bentuk upaya kesadaran hidup sehat agar penigkatakan kesehatan bagi masyarakat dapat terwujud.

“Momentum Germas  merupakan langkah untuk mendorong hidup sehat agar terus ditingkatkan pada diri kita sendiri,” katanya.

Menurut Sohilauw, Germas senantiasa akan terus kita upayakan bersama dengan kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayur serta pola hidup sehat dengan senam juga pemeriksaaan kesehatan setiap bulan dengan bekerja sama dengan institusi kesehatan, dan Pemkab SBT serta organisasi masyarakat salah satunya Tim Penggerak PKK.

Senada Sohilauw, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT Ny. Yulia Misa Keliobas dalam kampanye Aksi Germas tersebut juga memberikan edukasi tentang aksi gerakan masyarakat hidup sehat yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai dasar untuk peningkatan perilaku pola hidup sehat bagi masyarakat di seluruh Nusantara termasuk Kabupaten SBT dan khususnya masyarakat di Kepulauan Gorom.

Ia menambahkan, Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat   meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat  dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Untuk diketahui, selain diberikan hadiah kepada pemenang doorprize dan foto bersama kegiatan aksi Germas ini juga dilanjutkan langsung dengan pemeriksaan kesehatan gratis, sunatan massal gratis yang dibantu oleh beberapa Puskesmas yang ada di Kecamatan Pulau Gorom dan Gorom Timur.*CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.