Galahkan Seribu Rumah Program Kapolri, Polda Maluku Siapkan 531 Unit Rumah Untuk PNS

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Kapolri Jenderal Pol, Listyo Sigit Prabowo, meluncurkan program pembangunan seratus ribu unit rumah untuk pegawai negeri sipil pada Polri di seluruh Indonesia, Jumat (4/6/2021). Di Provinsi Maluku sendiri, terdapat 531 unit rumah yang akan dibangun.

Peluncuran pembangunan seratus ribu unit rumah itu digelar dari Jakarta secara virtual. Kegiatan tersebut diikuti Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, dari Dusun Air Papaya (BTN Taman Haruru Indah RT.20 Negeri Haruru Kecamatan Amahey Kabupaten Maluku Tengah)

Dusun Air Papaya sendiri merupakan salah satu lokasi di jajaran Polda Maluku yang akan dilaksanakan program pendirian seratus ribu rumah pegawai negeri Polri tersebut.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Irjen Pol. Drs. Sutrisno Yudi Hermawan, mengungkapkan, pendirian seratus ribu rumah tersebut merupakan program prioritas Kapolri.

“Pembangunan seratus ribu rumah dilakukan atas Dasar Program Prioritas Kapolri Tahun 2021, Sprin Kapolri Nomor; 424/II/KEP. 2021 tentang Program Prioritas Kapolri guna Meningkatkan kesejahtraan Anggota Polri,” kata Sutrisno dalam laporannya.

 Sutrisno mengaku, program prioritas Kapolri untuk menjadikan SDM Polri yang unggul di Era Police, dengan tujuan manajemen SDM jangka pendek adalah untuk memperoleh, mempertahankan dan memotivasi karyawan.

Ia menjelaskan, tujuan “memperoleh” akan diwujudkan melalui proses rekruitmen, mencari bibit-bibit anggota Polri yang diperlukan untuk mencapai tujuan institusi. Sedangkan tujuan “mempertahankan” dapat diwujudkan melalui berbagai treatment berupa fasilitas, gaji, hingga jaminan bagi bagi kehidupan anggota Polri. Sementara tujuan “memotivasi” dapat diwujudkan melalui penyelarasan pribadi anggota Polri dengan situasi kerja yang dihadapinya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolri yang sudah memberikan arahan sehingga dapat melaksanakan kegiatan hari ini,” katanya.

Jenderal bintang dua Polri itu menambahkan, selain tujuan jangka pendek, juga terdapat tujuan manajemen SDM jangka menengah. Ini adalah untuk meningkatkan produktifitas anggota Polri yang dapat dinilai melalui meningkatnya kinerja dan tingkat kehadiran anggota di kantor.

“Tujuan selanjutnya adalah untuk menjamin mutu kehidupan kerja anggota Polri. Ini dapat dievaluasi dari meningkatnya kepuasan masyarakat dan keterlibatan anggota dalam pekerjaannya,” sebutnya.

Selain itu, kata Sutrisno, mutu kehidupan kerja anggota Polri yang baik juga dapat dinilai melalui berkurangnya tingkat stres personil saat bekerja.

“Tujuan yang terakhir adalah menciptakan pribadi anggota Polri yang patuh pada aturan dan hukum yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Direktur utama PT. Asabri, Bank BRI, Bank BTN, BNI, Bank Mandiri, beserta perwakilan developer Mandiri, yang telah mendukung program seratus ribu rumah untuk PNPP.

Ia mengungkapkan, program yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi dan kinerja PNPP agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab-nya secara optimal.

Rumah, kata Listyo, merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Ketika kebutuhan dasar sudah terpenuhi, diharapkan penyimpangan perilaku anggota dapat diminimalisir, dan bisa fokus dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab, saat bekerja melayani masyarakat sudah tidak terpikir lagi tentang keluarga di rumah karena kondisi rumah yang kurang layak.

“Polri bekerjasama dengan 72 developer atau pengembang dan empat bank pemberi kredit dalam pemenuhan perumahan bagi PNPP melalui pembangunan rumah KPR bersubsidi dan non subsidi sebanyak 34.491 unit Yang terdiri dari 17.400 unit Apertemen dan 17.091 unit. Rumah tampak rencanakan akan selesai pada tahun 2024,” tandasnya.

Terpisah, program prioritas Kapolri tersebut kembali dibuka oleh Kapolda Maluku secara virtual. Di mana, Polda Maluku mendapat jatah pendirian rumah untuk pegawai negeri Polri sebanyak 531 unit.

Salah satu lokasi pendirian rumah untuk pegawai negeri Polri berada di Dusun Papaya, yang langsung dipantau oleh Wakapolda Maluku. Ia didampingi Karo SDM, Karo Rena, Direktur Binmas, dan Wadir Polairud Polda Maluku, serta Kapolres Maluku Tengah.

“Dalam program pembangunan seratus ribu (100.000) rumah untuk pegawai negeri Polri, Polda Maluku mendapat jatah sebanyak 531 unit. Ini akan dibangun di hsemua Polres jajaran di Maluku,” tambah Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *