Harla Pancasila Tahun 2023 di MBD, Kapolres Jadi Pembina Upacara

Adventorial News

Tiakur, CakraNEWS.ID– UPACARA peringatan hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 digelar gabungan antar Pemerintah Kabupaten, TNI maupu Polri.

Upacara Berlangsung khidmat di halaman upacara kantor Bupati MBD, Kamis (01/06/2023).

Hari lahir Pancasila tahun 2023 sebagaimana diketahui mengusung tema nasional ,“Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Bertindak Selaku Pembina Upacara Kapolres Maluku Barat Daya (MBD), AKBP. Pulung Wietono, S.IK.

Kapolres Membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo mengatakan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa dasar Negara, ideology, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum Negara.

Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika. Pancasila bukan untuk dibaca dan didengar namun dipraktekan dalam kehidupan, ungkapnya.

Perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang, ucapnya.

“Tahun depan kita akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama menyuseskan pemilu yang jujur, aman dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan pancasila,” ajaknya.

Atas nama seluruh rakyat Indonesia ada ucapan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Founding Fathers atas warisan luhur Pancasila. Kepada generasi yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ajakan untuk seluruh komponen bangsa mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam hidup sehari-hari.*** CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *