Inovasi Safitri Malik Menuju Buru Selatan Satu Harga Sasar Pemerintah Jawa Timur

Adventorial News

Wujudkan Buru Selatan Satu Harga, Bupati Bangun Kerjasama Dengan Pemda Jatim

Ambon, CakraNEWS.ID– Untuk peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan mewujudkan Buru Selatan Satu Harga, Pemerintah Kabupaten Buru Selatan bersama Kepala Desa serta Pengurus BUMDes dari Buru Selatan melakukan Workshop, Kunjungan Kerja dan kerjasama dengan pemerintah Jawa Timur, Sabtu (11/03/2023).

“Kegiatan ini adalah bagian dari menggalang peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pulau Buru Selatan. BUMDes Mart bisa menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan warga desa, dimana keberadaannya akan memberikan harga yang jauh lebih hemat, dan dapat menghadirkan beragam pilihan kebutuhan bahan pokok,”ungkap Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulisa disela-sela kegiatan.

Bupati perempuan pertama di Maluku ini menjelaskan, bersama Lembaga Pengembangan dan Pembangunan Daerah Maluku Utara (LP2D Malut) akan benar-benar melakukan analisa mendalam mengenai kebutuhan masyarakat, termasuk persoalan yang ada di masyarakat terkait kebutuhan sebuah tempat belanja yang nyaman, lengkap dan murah.

“Dalam kegiatan tersebut ada inisiasi kerjasama antara Pemda Bursel dan Pemkot Surabaya untuk Nusantara Satu Harga yang menjadi pilot Projek Buru Selatan.
Kami juga telah menghadirkan kerjasama Pemda Bursel dan Kadin Jawa Timur. Semua ini dalam rangka Buru Selatan Satu Harga, yang didukung oleh para pengusaha se Jawa Timur, untuk mengurangi beban masyarakat dari harga barang konsumsi menjelang Ramadhan,” jelasnya.

Safitri jelaskan, selain mendapat dukungan penuh dari Pemda Jatim, bersama itu juga di laksanakan workshop dan pelatihan pengelolaan BUMDes serta kunjungan kerja di desa-desa di Jawa timur yang sudah maju dalam pengelolaan BUMDes Mart.

“Kami juga bersama dengan kepala desa dan pengurus BUMDes dari Buru Selatan melakukan kunjungan kerja di desa Ketapanrame, Kecamatan Terawas, karena berhasil meraih penghargaan pengelolaan BUMDes terbaik di Indonesia dan juga berkunjung BUMDes Mart Singosari, Kabupaten Malang yang menjadi contoh real berhasilnya BUMDes Mart,” bebernya.

Langkah selanjutnya menurut Safitri, bersama LP2D Malut, Pemerintah daerah Kabupaten Buru Selatan akan melakukan road map, dalam rangka memastikan berjalannya BUMDes mart di Buru Selatan.

“Bursel Satu Harga ini menginspirasikan kepada Indonesia sebagai Negara Kesatuan dibutuhkan harga kesatuan yang terkendali. Bursel satu harga akan menjamin setiap warga negara yang hidup di kota dan desa, dan diantara pulau menikmati harga yang sama, tanpa ketimpangan harga yang menyolok,” pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Buru Selatan,
Safitri Malik Soulisa, kepala DPMD Buru Selatan serta kepala Desa dan Para pengurus BUMDes Kabupaten Buru Selatan. Selain itu kegiatan Bursel Satu Harga juga mendapat dukungan dari pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. *** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *