Jangan Lelah Baku Mangente, Padat Pesan Gubernur dan Penjabat Dalam Natal Keluarga Rissapory

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– PERAYAAN Natal Keluarga besar Rissapory Henalatu tahun 2022 digelar penuh suka cita. Selain dihadiri jajaran pejabat Walikota Ambon, pemerintah kota Ambon, perayaan natal tersebut juga dihadiri Gubernur Maluku yang diwakili Kepala dinas lingkungan hidup provinsi Maluku Roy syauta.

Natal keluarga besar Risapory Henalatu digelar pada tanggal 3 Desember 2022 di Bailo Oukumene kota Ambon dengan tema; Marilah kita pergi dan berjumpa dengan juru selamat, Kristus Tuhan.

Gubernur Maluku dalam sambutan tertulis yang dibacakan Roy Syauta menyampaikan selamat kepada seluruh keluarga besar dimanapun berada. Terdapat tiga hal utama yang merupakan pesan Gubernur dalam sambutan yang dibacakan itu.

Yang pertama, Natal merupakan peristiwa sukacita iman dimana sang pencipta datang menjumpai manusia untuk memberi keselamatan kekal manusia yang berdosa, ditebus dan diselamatkan atas dasar kasih yang maha agung. Kasih itulah yang terwujud dalam diri Yesus Kristus yang kelahirannya dirayakan umat kristiani dari masa ke masa.

“Bukan sebuah serimoni dan rutinitas semata, tetapi natal kiranya menjadi spirit untuk makin mempererat persekutuan dan persaudaraan khususnya persekutuan RISAPORY HENALATU. melalui momentum natal ini ikatan-ikatan keluarga dan mata rumah diperkuat dan diarahkan untuk membangun masa depan bersama,” ungkapnya Roy membacakan pesan Gubernur.

Dilanjutkan, ikatan-ikatan keluarga mesti menjadi fondasi yang kokoh untuk bersama maju dan berkembang. kita menyadari bahwa di era perubahan dan era digital saat ini, manusia cenderung hidup sendiri-sendiri cenderung mencari kenikmatan-kenikmatan sesaat yang terkadang mengorbankan orang lain. padahal natal merupakan manifestasi dari karya pencipta mengosongkan diri menjadi sama dengan manusia pengorbanan itu yang patut menjadi teladan bagi semua orang yang merayakan natal maukah kita rela berkorban demi kepentingan keluarga, saudara, sahabat bahkan demi kepentingan umum relakah kita keluar dari zona nyaman untuk berjumpa dengan orang-orang kecil berjuang untuk menciptakan damai sejahtera pengorbanan sang yang rela dan semua ciptaan, sebagai inti dari berita natal itu sendiri?

Pesan ke-dedua, Natal juga merupakan tanda kehadiran tuhan dalam kebudayaan manusia. Tuhan yang berinkarnasi menjadi manusia, merupakan tanda tuhan begitu peduli dengan manusia beberapa waktu lalu, persekutuan RISAPORY HENALATU mengadakan semiloka mangente kearifan lokal negeri RISAPORY HENALATU. program-program
yang dilakukan oleh persekutuan RISAPORY HENALATU, selain merangkul anak-anak negeri nalahia yang ada di ambon dan tanah-tanah rantau tetapi juga kembali pulang ke rumah tua yakni bahwa negeri RISAPORY HENALATU tercinta. seperti yusuf dan maria yang pulang ke nazareth.

“Maka anak-anak negeri RISAPORY HENALATU juga jangan pernah lelah mangente negeri, warisan para leluhur. menjaga adat dan budaya, serta nilai-nilai kearifan lokal yang selaras dengan nilai-nilai injil sebab Yesus datang bukan untuk menghilangkan adat tradisi tetapi menyempurnakan natal yang diwarnai dengan nilai-nilai oleh sebab itu, budaya lokal, kiranya dapat dimaknai sebagai kekuatan yang mempersatukan anak-anak negeri RISAPORY HENALATU dimana saja berada,” jelasnya.

Ketiga, Natal membawa damai dan memberi semangat untuk terus membangun hidup bersama yang penuh cinta kasih. hidup orang basudara, laeng sayang laeng. Hidup orang basudara satu susah samua susah. satu senang semua senang, potong di kuku rasa di daging. hanya dengan pesekutuan dan persaudaraan yang rukun maka anak-anak negeri RISAPORY HENALATU akan semakin maju dan menjadi berkat bagi negeri, bagi masyarakat, bangsa dan negara. oleh sebab itu, walau ada banyak tantangan dan rintangan, ada ombak dan gelombang pergumulan, tapi biarlah melalui perayaan natal tahun ini ada semangat baru.

“Ada kekuatan baru untuk pergi dan melangkah menghadirkan kasih dan kebaikan bagi hidop orang basudara, bagi negeri dan kampung halaman, juga bagi sesama dan dunia ini. sebab Natal sejati adalah kasih kepada allah dan kepada sesama akhirnya, atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah saya menyampaikan selamat natal bagi semua anak negeri RISAPORY HENALATU dimana saja berada, dan selamat masuki tahun baru 1 januari 2022. kiranya sprit Natal membawa damai dan sukacita bagi semua umat manusia,” pungkasnya.

Pesan Wattimena, Bantu Pemerintah Bangun Kota Ambon

Dalam sambutannya, PJ walikota mengapresiasi keluarga besar Risapory Henalatu. Penjabat Walikota mengingatkan untuk harus menghargai hidup kita agar bisa dimaknai dan diberkati oleh karena itu dalam hidup kita harus melakukan yang baik dan memberi sesuatu yang baik termasuk dalam seluruh eksistensi kehidupan kita dan kalau sebagai pengurus RISAPORY kota Ambon harus merangkul terus kebersamaan seluruh anak-anak, orang tua, dan Basudara.

“Dan tugas kita adalah untuk melakukan semua yang Yesus sudah ajarkan dan apa yang dikehendaki-NYA serta menjaga keutuhan persekutuan didalam keluarga besar kita dengan saling menyayangi dan mengasihi sesama kita. Karena itu momen perayaan natal tahun ini yang dilakukan oleh keluarga besar RISAPORY mengajarkan kita melakukan semua yang Yesus kehendaki dan menjaga keutuhan persekutuan ini bukan hanya disini tapi di Basudara gandong di Ambalau,” ungkapnya.

Dalam kesempatn itu, dirinya menyampaikan permintaan untuk membantu pemerintah kota Ambon untuk membangun kota.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dari ambalau supaya secara bersama kita bisa membangun kota ini agar kedepannya bisa menjadi yang lebih baik lagi karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari pihak- pihak,” akuinya.

Dan saya yakin perayaan natal ini mengajarkan kita semua untuk menjadi yang lebih baik, merubah diri, dan menjaga kesucian diri kita agar nanti tepat pada tanggal 25 Desember nanti kita bisa bertemu dengan Yesus sang juru selamat kita. Mari kita bangun dan jaga kota Ambon untuk kita semua dan salam damai salam natal bagi kita semua
Dan selamat merayakan natal Kristus tahun 2022 Tuhan Memberkati kita semua,” pungkasnya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *