Kalangan Muda Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Penjabat Bupati Buru

Pemerintahan

Ambon,CakraNEWS.ID-Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah Maluku mengapresiasi kinerja pejabat Bupati Buru Dr. Djalaludin Salampesy. Hal ini diakui Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Maluku, Muhammad Anshari kepada media di Ambon, Jumaat (01/07). Dikatakan, meski belum genap sebulan, namun kepemimpinan Salampessy cukup terasa.

“Suatu kebijakan dan terobosan yang diambil oleh pak pejabat Bupati hari ini, Terlihat sejumlah terobosan dan langkah kebijakan yang memberikan dampak positif bagi daerah kita. Kami menilai bahwa salah satu isu dan wacana yang sangat hangat sejauh ini adalah potret buram pengelolaan tambang gunung botak dimana kurang lebih 10 tahun pengelolaan tambang ini sama sekali tidak berdampak apa-apa terhadap kesejahteraan masyarakat dan upaya peningkatan PAD,” jelas Anshari.

Dikatakan, perihal potensi Gunung Botak, belum ada sentuhan kebijakan yang menghasilkan Multiflayer effect bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada sektor riil. Padahal kata dia, sesungguhnya tambang tersebut sangatlah potensial. Namun demikian belum terkelola secara maksimal.

“Saya kira masih banyak catatan buram tambang kita misalnya soal satu instrumen kebijakan regulatif dalam kaitan dengan masyarakat hukum adat, kita belum punya Perda Masyarakat hukum adat, kemudian perijinan dari pusat, dan komitmen bersama untuk menghadirkan keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” papar Anshari.

Mantan ketua wilayah IPM itu menegaskan, oleh karena potensi Gunung Botak untuk kesejahteraan, penting kiranya ada sebuah kebijakan untuk mengundang semua elemen masyarakat dan tokoh adat dalam menyikapi hal tersebut.

“Saya kira apa yang sedang direncanakan dan akan diperjuangkan sebagai solusi terhadap masalah yang ada, oleh Bupati hari ini merupakan langkah yang strategis dan patut kita apresiasi. Saya melihat ada keseriusan beliau dalam mencari solusi terhdap masalah ini,” tegasnya.

Disisi lain kata Anshari, kinerja Penjabat Bupati juga diantaranya adalah melakukan upaya mendorong adanya peningkatan sektor ekonomi potensial daerah ini, dengan basic pengalaman dan rekam jejak beliau sebagai Kabid pada Bapeda Maluku dan kepala Dispenda, kemudian dengan leadership dan kemampuan manajerial, saya yakin di bawah kepemimpinan beliau, daerah ini akan makin maju dan berkembang.

“Selaku ketua wilayah yang juga adalah tokoh pemuda Buru, kami mendorong adanya koloborasi dan sinergitas semua pihak untuk bersama sama dalam mendukung dan berkerjasama membantu beliau dalam daerah kita tercinta, saya kira kata kunci kesuksesan pembangunan adalah diperlukan partisipasi publik melalui spirit koloboratif,” tegas Ansahri.

Semangat ini penting. Kolaborasi, sinergitas dan sikap kritis yang konstruktif akan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah Kabupaten Buru khususnya dan Maluku umumnya.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *