Kolaborasi Kebajikan Zakat, Klinik Apung Buang Jangkar di Negeri Iha-Kulur

Adventorial News

Piru, CakraNEWS.ID– DALAM rangka mengoptimalkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan dan berkontribusi pada percepatan pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berkolaborasi dengan Muhammadiyah melalui LAZISMU menghadirkan Program Kolaborasi Kebajikan Zakat.

Untuk wilayah Maluku, program tersebut dijalankan oleh Klinik Apung Said Tuhuleley.

Tepat Rabu 22 Fabruari 2023, rombongan yang dipimpin ketua umum harian Lazismuh pusat menginjakan kaki di negeri Iha Kulur kecamatan Huamual kabupaten Seram Bagian Barat.

Sebelumnya rombongan telah menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis di negeri Sepa kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 21 Februari 2023.

Khusus di negeri Iha Kulur, program kolaborasi tersebut membuka pelayanan sunatan massal dan pemerkisaan kesehatan gratis.

Menjalakan kegiatan tersebut, team Klinik Apung Said Tuhuleley menggandeng lembaga internal Rumah Inspirasi Iha Ulpia sebagai penyelenggara teknis lapangan.

Hal ini diakui Muhammad Fahrul Kaisuku, direktur Rumah Inspirasi Iha-Kulur melalui pers rilis yang diterima media, Kamis (23/02).

Kaisuku menyampaikan apresiasi atas tindak lanjut program tersebut mengakar sampai ke masyarakat. Terutama sampai di negeri Iha-Kulur.

“Kami berterimakasih kepada Lazismuh, Baznas serta team klinik Apung Said Tuhuleley. Meski dengan segala rintangan dan keterbatasannya, dapat sampai di negeri Iha Kulur,” ungkapnya.

Kaisuku menjelaskan, program kolaborasi berupa pelayanan kesehatan itu, sangat disambut baik masyarakat negeri Iha Kulur.

“Paratispasi itu dapat kita lihat dengan keterlibatan banyak orang yang ikut serta menyuskeskan. Terlebih pemerintah desa Iha dan Kulur turut ambil bagian dari penjumputan team hingga kepulangan,” jelas Kaisuku.

Dirincikan, peserta khitanan massal mencapai 50 anak yang tersebar di dusun dusun petuanan. Bukan saja di petuanan Iha melainkan juga peserta berasal dari petuanan negeri Luhu.

Sementara warga yang ikut melakukan pemeriksaan serta konsutasi kesehatan mencapai ratusan.

“Program pemeriksaan kesehatan ini masuk tepat waktu. Berhubungan dengan Ramdhan yang tiggal hitung hari,”  jelas Kaisuku.

Kaisuku yang diketahui Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku mengaku bangga dengan komitmen pelayanan Muhammadiyah. Hal itu tampak keikut sertaan Ketua Wilayah Muhammadiyah, Ketua Lazimuh Maluku hadir membuka kegiatan tersebut.

Kaisuku mengaku, selain membuka pelayanan kesehatan, Rumah Inspirasi yang dipercayakan mengatur teknis kegiatan juga menyisipkan kunjungan resmi rombongan ke Madrasah Tsanwiyah (Mts) Muhammadiyah Iha Kulur yang diketahui menjadi salah satu sekolah tertua di Maluku

“Harapannya, kondisional serta kekurangan di negeri kami dapat dilihat sebagai catatan untuk selanjutnya bisa diantisipasi dengan program kebajikan lainnya,” pungkas Kaisuku.

Untuk diketahui,  Program Kolaborasi Kebajikan Zakat tersebut  menyasar Indonesia Timur.

Program Kolaborasi Kebaikan Zakat adalah program yang digagas bersama antara BAZNAS dan Lazismu mewakili Muhammadiyah untuk mendistribusiakn dana zakat secara lebih terencana dan terukur.

Misi program itu adalah terbangunnya kekuatan dan kedaulatan ekonomi ummat berbasis Jamaah, meningkatkan akses dan kualitas layanan Ibadah, sosial, pendidikan dan kesehatan menjadi lebih inklusif, terbangunnya ketangguhan masyarakat sebagai panduan perluasan wilayah program. *** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *