Kompolnas Lakukan Penelitian Sistem Pengawasan Internal Polri, Di Polda Maluku

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Penelitian sistem pengawasan internal di lingkungan Polri,  bertemakan “ antara fakta dan harapan di Polda Maluku”,dilakukan Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS) dengan melakukan kunjungan kerja ke markas Kepolisian Daerah Maluku.

Kehadiran Kompolnas, di Mapolda Maluku, yang di wakili oleh Anggota Kompolnas Irjen Pol (Purn), Drs Pudji Hartanto Iskandar, di damping beberapa tim Sekretariat Kompolnas, di sambut oleh Waka Polda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun. Ia didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku, Selasa (9/5/2023).

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolda, menyampaikan, Kompolnas adalah lembaga Kepolisian Nasional yang melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kinerja Polri.

Fungsi tersebut dilakukan untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan integrasi anggota maupun pejabat Polri.

“Olehnya itu kita harus mendukung kegiatan ini agar dapat berjalan dengan lancar. Sehingga saya minta kepada para kasatker untuk dapat memberikan jawaban atas pertanyaan dan data yang diminta tim guna keperluan penelitian,” pintanya.

Kapolda mengaku pihaknya saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pengawasan melekat dan berjenjang. Pengawasan rutin juga terus dilaksanakan oleh Itwasda Maluku. Hal ini untuk memastikan rangkaian kegiatan kepolisian berjalan sesuai prosedur dan mekanisme.

“Selain itu juga agar terhindar dari kelemahan atau pelanggaran yang berdampak negatif terhadap institusi Polri yang kita cintai ini,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Wakapolda Maluku juga memaparkan terkait situasi geografis Maluku secara umum dan potensi permasalahan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas.

Ia mengaku, saat ini situasi Kamtibmas di wilayah Maluku dalam keadaan aman dan terkendali. Meski kemarin permasalahan-permasalah kecil namun semuanya bisa ditangani dengan baik.

Sementara itu, ketua tim Kompolnas Pudji Hartono Iskandar, mengaku pihaknya akan melakukan penelitian selama tiga hari. Ia berharap pelaksanaan penelitian di Polda Maluku dapat berjalan lancar hingga selesai.

“Kita harus semangat dan tetap percaya diri dalam pengabdian. Sebab pengabdian kita tidak akan pernah berakhir, baik pengabdian terhadap keluarga, lingkungan dan dalam melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan kita,” katanya.

Iskandar berharap pelayanan Polda Maluku kepada masyarakat sama seperti julukan kota ini yaitu Ambon Manise.

“Rekan-rekan semua kita ini harus menghindari semua bentuk tindakan yang dapat merusak nama baik institusi Polri seperti perilaku KKN dan perilaku menyimpang lainnya. Karena saat ini semuanya sudah transparan dan tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi,” pungkasnya.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *