Mahasiswa KKN Unidar Ambon, Gelar Monitoring dan Evaluasi di Jazirah Leihitu dan Salahutu

Pendidikan

Maluku,CakraNEWS.ID- Salah satu tugas utama perguruan tinggi sebagaimana terdapat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini menjadi sangat penting dalam rangka memperteguh relevansi keilmuan yang dikaji dengan realitas sosial.

Seperti yang dilakukan oleh Universitas Darussalam (Unidar) Ambon pada Rabu (30/03/2022) bersama Rektor Unidar Ambon Dr. Muhammad Riad Uluputty, MP beserta jajarannya menggelar Monitoring dan Evaluasi di Kecamatan Jazirah Leihitu dan Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Selain Rektor Unidar Ambon Dr. Muhammad Riad Uluputty, MP ikut hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut Wakil Rektor II Drs. Abdurrahman Latuconsina, M.Si, Wakil Rektor III Dr. Syawal Zakaria, MM, Ketua Panitia KKN M. Daud Marasabessy M.Si, serta sejumlah rombongan civitas Akademika Unidar Ambon yang turut mendampingi.

Diketahui, pada pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN ) tahun 2022 sesuai dengan hasil monitoring dan evaluasi banyak masyarakat yang berada di Kecamatan Jazirah Leihitu dan Kecamatan Salahutu sangat berpartisipasi mendorong dan mendukung program yang di lakukan oleh Mahasiswa KKN Unidar Ambon Angkatan 2022.

Selain itu, Mahasiswa KKN yang tersebar pada sembilan desa yang berada di Kecamatan Jazirah Leihitu dan Salahutu di sambut baik bagi warga masyarakat dan Pimpinan Desa serta Raja Negeri Adat setempat.

Rektor Unidar Ambon Dr. Muhammad Riad Uluputty, MP pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada masyarakat. Dirinya berharap kegiatan KKN yang dilakukan bagian dari pengontrolan dan pencarian informasi tentang sejauh mana perkembangan mahasiswa menjalankan program kerja.

Menurutnya, Kegiatan-kegiatan akademik lainya seperti penelitian dan pengabdian masyarakat perlu dilakukan maupun pendampingan proses pembelajaran di tingkat SMA.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi di sembilan desa di Jazirah Leihitu dan Jazirah Salahutu itu kita mendapatkan feedback dari pada pemerintah desa setempat bahwa memang mahasiswa KKN Unidar Ambon 2022 ini sangatlah bermanfaat bagi pembangunan di desa masing-masing,” jelasnya.

Orang number one di Unidar Ambon ini juga mengatakan kampus Unidar Ambon akan menyiapkan sejumlah konsep untuk seluruh dosen dan mahasiswa agar sama-sama turun di seluruh desa yang ada di Jazirah Leihitu dan Salahutu gunanya untuk memberikan apa yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan desa setempat.

“Kegiatan ini berdampak besar sekali bagi pembangunan masyarakat sehingga kedepan kami menyiapkan suatu konsep keberlanjutan kegiatan kemahasiswaan maupun kegiatan para dosen yang ada di Unidar Ambon untuk turun langsung ke desa-desa Jazirah Leihitu dan Jazirah Salahutu,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia KKN M. Daud Marasabessy, M.Si Kegiatan KKN yang digelar merupakan agenda yang tidak terlepas pisahkan dari merelisasikan segelah program yang membantu segalah kekurangan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Marasabessy menambahkan dengan adanya monitoring dan evaluasi ini, Ia berharap para mahasiswa akan menjadi lebih bersemangat dan sungguh-sungguh dalam merealisasikan program-program yang dicanangkan.

“Dengan kegiatan ini semoga mahasiswa Unidar Ambon tetap menjaga nama baik almamater dan ikut mempublikasikan keunggulan dan program serta keberadaan kampus di tengah masyarakat,” tutupnya. *CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.