Pangdam Pattimura Bersama Rektor Unpatti Lepas 1.790 Mahasiswa KKN  

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID– Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq menghadiri Acara Pelepasan KKN Angkatan XLV, gelombang 2 Tahun Akademik 2018/2019 Universitas Pattimura bersama Satkowil dan Satgas Ops Pamrahwan Wilayah Maluku yang bertempat di gedung Auditorium Universitas Pattimura, Ambon, Senin (11/02/2019).

Sebanyak 1.790 orang siswa yang melakukan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dibagi ke empat wilayah yaitu Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten Buru.

Acara pelepasan mahasiswa KKN Universitas Pattimura ini dilepas oleh Pangdam XVI/Pattimura dan Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang III Unpatti, Dr. Yusuf Madubun.

Rektor Universitas Pattimura dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bid. III Unpatti, Dr. Yusuf Madubun mengatakan, Kondisi Maluku saat ini secara umum sangat aman dan aktifitas sosial berjalan normal, namun masih ada ancaman baik faktual maupun ancaman potensial yang kita hadapi, sehingga perlu dilakukan pendekatan social untuk meminimalisir ancaman tersebut.

Peningkatan sinergitas antara TNI-Polri, Pemerintah, Perguruan Tinggi, Dunia Bisnis dan Media serta kesadaran masyarakat termasuk mahasiswa dalam bela negara merupakan hal yang dibutuhkan dalam mengatasi berbagai persoalan kebangsaan yang dirasakan dapat mengancam integritas nasional dan bangsa kita dewasa ini.

Diharapkan melalui kegiatan KKN ini para mahasiswa dapat mentransfer ilmu yang diperoleh selama dibangku kuliah kepada masyarakat sebagai darma baktinya untuk mendukung pembangunan daerah.

Selain itu, para siswa dapat memperkenalkan budaya bangsa, semakin memperkokoh rasa kebangsaan, serta menjadi perekat generasi muda bangsa dengan masyarakat desa.

Pengalaman yang diperoleh selama mengikuti Program KKN dapat menjadi bekal untuk meniti masa depan. Sedangkan Pangdam dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan wahana bagi Kodam XVI/Pattimura dengan Universitas Pattimura dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa sinergitas program KKN Universitas Pattimura bersama Satkowil dan Satgas Ops pamrahwan wilayah Maluku.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata tingginya kepedulian kita bersama terhadap berbagai persoalan kebangsaan yang dirasakan dapat mengancam integritas nasional dan bangsa kita dewasa ini, termasuk di wilayah Maluku” ujar Pangdam

Diakhir acara, Pangdam beserta Wakil Rektor Bid. III Unpatti melepas secara simbolis pemberangkatan mahasiswapeserta KKN Universitas Pattimura menuju ke desa-desa sesuai tujuanyang telah ditentukan di wilayah Maluku. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.