Pangdam Pattimura Hadiri Peluncuran Maluku Inovation Export Center dan Direct Export

Adventorial News

Pangdam Pattimura Hadiri Launching Maluku Inovation Export Center dan Direct Export Hasil Perikanan, Pertanian dan Kehutanan

Ambon, CakraNEWS.ID– Berbagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah Maluku terus dilakukan dengan membuat berbagai inovasi dan terobosan. Salah satunya dengan hadirnya export center yang digagas oleh Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail melalui Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP).

Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. hadir dalam peresmian Maluku Inovation Export Center dan Direct Export Hasil Perikanan, Pertanian dan Kehutanan, bertempat di Kantor Pelindo regional 4 Ambon, Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (27/12/2022).

Tujuan adanya Export Center ini agar berbagai produk unggulan asal Maluku dapat di ekspor ke luar negeri dan dilakukan secara profesional, terintegrasi melalui pelabuhan di kota Ambon. Export Center yang dipusatkan di kantor Pelindo ini sepenuhnya difasilitasi oleh PT. Pelabuhan Indonesa (Pelindo) regional 4 Ambon  yang mana terdapat ruang kurasi UKM dan Ekonomi Kreatif, hingga perbankan, Bea Cukai serta Karantina.

Dalam sambutannya Gubernur Maluku mengatakan, dengan hadirnya export center ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi Maluku melalui peningkatan ekspor komoditas unggulan. “Export center tidak hanya sebagai upaya meningkatkan ekonomi tetapi sebagai upaya percepatan kehadiran investor baik lokal maupun mancanegara, di Maluku. Perlu dibangun kerjasama dengan semua pihak untuk mendukung infrastruktur bongkar muat pada pelabuhan- pelabuhan seperti Tual dan Dobo,” ujarnya.

Sejalan dengan tujuan kedepan, Pangdam yang hadir dalam acara tersebut turut mendukung apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

“Langkah ini merupakan awal yang baik sebagai cara membentuk kerjasama, solidaritas pihak- pihak terkait baik untuk sekarang maupun mendatang, sehingga dapat meningkatkan iklim investasi yang kompetitif dengan wilayah- wilayah lain. Akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” tutur Alumni Akmil 1988 ini.

Peresmian ditandai dengan penekanan sirine secara bersama- sama kemudian dilanjutkan foto bersama. Tak hanya peresmian saja, para pejabat dan tamu undangan juga berkeliling mengunjungi pameran mini dan menyaksikan pengguntingan pita.

Turut hadir sejumlah pejabat diantaranya Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, para pejabat Forkopimda Provinsi Maluku, Direktur PT. Pelindo , Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Maluku, dan Kepala TGPP.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *