Pantau Kampanye Hari Pertama Operasi Mantab Brata, Kompolnas Himbau Jajaran Polda Jabar Jaga Netralitas

Nasional

Jawa Barat,CakraNEWS.ID-Penting-nya netralitas selaku anggota Polri dalam mengamankan pelaksanaan tahapan-tahapan pemilihan umum (PEMILU), kembali di himbau oleh Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

Himbauan netralistas Polri tersebut, disampaikan Anggota Kompolnas, Irjen Pol (Purn), Drs.Pudji Hartantanto Iskandar selaku Ketua Tim di damping, H. Mohammad Dawam (Anggota Kompolnas), saat melakukan pemantauan persiapan pengamanan Operasi Mantab Brata, pada hari pertama kampanye di wilayah hukum Kepolisian daerah Jawa Barat.

Polda Jawa Barat dipilih sebagai obyek Polda yang mendapat perhatian khusus oleh sebab jumlah populasi penduduk dan pemilih pemilu 2024 ini tercatat terbesar dari seluruh wilayah Indonesia. Oleh karenanya potensi kerawanan cukup tinggi.

Kehadiran Kompolnas dalam pemantauan pengamanan operasi Mantab Brata yang berlangsung selama dua hari, Selasa (28/11/2023) sampai Rabu (29/11/2023), di wilayah hukum Polda Jateng, di sambut oleh Irwasda Polda Jabar, Kombes Pol. Kalingga.

“Hari pertama kampanye pemilu 2024, menjadi penting bagi Kompolnas ikut melakukan giat pemantauan persiapan Satuan Wilayah Polri dengan memberikan himbauan khusus netralitas kepada para Anggota pada proses dan tahapan Pemilu 2024 ini. Ini adalah komitmen sekaligus pesan penting kami kepada seluruh jajaran anggota Polri diseluruh wilayah Indonesia,” ujar Pudji Hartanto Iskandar selaku Ketua Tim disela-sela paparan yang dihadiri seluruh PJU di Polda Jawa Barat, Selasa, (28/11/2023).

Sementara itu, Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Kalingga menjelaskan, Polda Jawa Barat telah menyiapkan Aplikasi One Data yang  telah terkoneksi yang mengintegrasikan aplikasi-aplikasi polda jabar berisikan dengan data pemantauan cctv mako dengan teknologi face recognation (FR) yang terkoneksi dengan data dukcapil,pemantauan cctv jalur arteri, cctv objek wisata, cctv objek vital,pemantauan sebaran anggota lalu lintas, sebaran mobil patroli sabhara, dashboard peta wilayah hukum polda jabar beserta peta kerawanan kamtibmas, pemantauan sebaran bhabin dan polisi rw sampai ke tingkat desa/kelurahan.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irwasda menyambut baik misi kunjungan kerja Tim Kompolnas dalam pelaksanaan pengawasan kesiapan Ops Mantap Brata 2023-2024 di wilayah hukum Polda Jabar guna mewujudkan manajemen operasi yang baik dan lancar sehingga situasi kamtibmas yang kondusif bisa tercapai.

Setelah kunjungan ke Polda Jawa Barat, Tim melanjutkan ke Polrestabes Bandung dan Polres Purwakarta dalam rangka hal yang sama, yakni menitipkan pesan sikap profesionalisme dan netralitas dalam pelayanan masyarakat sebagaimana Surat Telegram (ST) Kapolri nomor: 1160, tertanggal 31 Mei 2023 dan terus tidak lelah menjaga situasi harkamtibmas agar Indonesia tetap kondusif pada proses tahapan pemilu 2024 yang sedang berlangsung.

Senada dengan itu, selaku Anggota Kompolnas, Mohammad Dawam dalam arahannya menambahkan, tugas yang diemban Polri adalah tugas mulia, yaitu pertama, menegakkan keadilan hukum dan harkamtibmas, sebagai mandat struktur kelembagaan dibawah langsung Presiden sebagai Kepala Negara.

Serta kedua melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai mandat kelembagaan dibawah langsung Presiden selaku kepala pemerintahan. Dan hal itu sangat strategis demi terciptanya situasi kamtibmas proses pemilu 2024 yang aman, damai, berkualitas serta bermartabat, tutup Dawam, yang juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan DPP Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Selanjutnya direncanakan pada hari berikutynya, Rabu, (29/11/2023), tim Kompolnas melanjutkan kunjungan kerja ke Polres Kabupaten Bogor dan Kota Bogor. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *