Pemkab Aru Bersama TNI-POLRI, Intens Lakukan Pencegahan Covid-19

Pemerintahan

Aru,CakraNEW.ID- Penularan wabah mematikan Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Corona Virus jadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus asal negara Tirai Bambu (Cina) tersebut, pihak UPP Kelas III Dobo bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru, KP3 dan Lanal Aru, bermasa Polres Aru, melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara rutin kepada setiap penumpang yang turun di pelabuhan Yos Sudarso Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPP Kelas III Dobo, Muhammad Amali Katjo kepada awak di ruang kerjanya, Rabu (25/3/2020).

Menurut Muhammad, kegiatan ini berdasarkan surat edaran Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub-RI) terkait antisipasi menyebarnya virus Corona maka selaku petugas pelabuhan, pihaknya intens lakukan kegiatan pencegahan bersamat, Puskemas Dobo, KP3 dan TNI AL, TNI AD, Kelurahan Galay Dubu serta Polres Kepulauan Aru.

“Kami berupaya maksimal melakukan sosialisasi terkait dengan antisipasi coronaVirus di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo. Kegiatan minimal kami adalah lakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang turun dan naik di Pelabuhan untuk mendeteksi dini adanya virus corona,” kata Amali.

Kegiatan ini lanjut Amali, menjadi kegiatan rutin untuk setiap kapal penumpang yang singgah di pelabuhan Dobo.

“Untuk operasi tadi pagi terdapat salah seorang penumpang yang ketika lakukan pemeriksaan menggunakan thermal scan di ketahui suhu tubuhnya melebihi 37 derajat Celcius, namun ketika di kroscek ternyata yang bersangkutan sakit (Struk),”ungkapnya.

Selain itu, jumlah penumpang yang turun di pelabuhan Dobo dari KM Nggapulu berjumlah 580 orang dan yang naik tujuan pelabuhan Kainama dan pelabuhan Fak-Fak berjumlah 28 orang penumpang.

“Jadi semua penumpang baik yang turun dan berangkat semuanya aman. Ya, kita berharap semuanya sehat. Kita akan terus pantau jangan sampai lalai. Sehingga warga Aru aman,”pungkasnya

Sementara itu, berdasarkan pantauan CakraNEWS.ID, di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, terlihat semua penumpang yang turun (keluar) maupun naik tidak satupun lolos dari periksa suhu badan oleh tim.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, tim gabungan juga memberikan sosialisasi PHBS dengan memberikan cairan pencuci tangan terhadap penumpang, agar terjaga dari Coronavirus berbahaya tersebut.

Diketahui, selain intens lakukan pemeriksaan suhu tubu penumpang di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo. Pemerintah Daerah lewat Puskesmas Siwalima intens setiap harinya lakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang di Bandara Rargwamar Dobo. (CNI-AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *