Pemkab Bintan Bersama TNI-Polri Dan Masyarakat, Serukan Pemilu Damai 2019

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Silatuhrami dan deklarasi dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bintan yang aman dan dan damai pasca Pemilu 2019 dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan dengan melibatkan Polres Bintan jajaran TNI, para Penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) Bintan serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Bintan, Selasa (30/4/2019). bertempat di aula kantor Bupati Bintan.

Sebagai bentuk respon terhadap pelaksanaan silatuhrami dan deklarasi damai Pasca Pemilu 2019, Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang, S.IK, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Bintan, sebagai inisiator pelaksanaan kegiatan silaturahmi yang dapat berjalan dengan sempurna.  Serta terimakasih kepada masyarakat Bintan karena pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Bintan dapat berjalan aman dan kondusif.

Kapolres Bintan,AKBP Boy Herlambang,S.IK, Saat Menyampaikan Sambutan
Kapolres Bintan,AKBP Boy Herlambang,S.IK, Saat Menyampaikan Sambutan

“Sampai saat ini Polres Bintan dan TNI masih melaksanakan pengamanan Rekapitulasi Suara di PPK Bintan Timur yang dimungkinkan selesai hari ini, dan perlu diketahui Masyarakat bahwa setiap pergerakan Logistik, TNI Polri selalu mengawal sampai ke KPU Bintan. Dari 428 TPS, saat ini tinggal 9 TPS lagi yang masih melaksanakan rekapitulasi suara yaitu di PPK Bintan Timur,”ungkap Herlambang.

Ia mengatakan, deklarasi damai sangat penting, seperti yang kita ketahui bersama situasi politik saat ini lumayan panas, untuk itu kegiatan ini sebagai salah satu cooling sistemnya.

“Perbedaan pilihan hal yang wajar, namun janganlah perbedaan tersebut menimbulkan permusuhan dan perselisihan antar sesame. Mari kembali bersatu dengan mempererat tali silaturahmi demi terwujudnya Bhineka Tunggal Ika dan menjaga NKRI yang kita cintai,”Himbaunya.

Senada dengan itu, Kolonel Laut (T) Mulyatna (Kafasharkan Mentigi)  dalam sambutanya mengatakan, mewakili dari TNI, dirinya mengucapkan turut berbela sungkawa atas gugurnya rekan- rekan TNI-Polri mapun penyelenggara Pemilu yang gugur dalam melaksanakan tugas Pemilu 2019.

“Kita semua dari sisi keamanan, TNI Polri ibarat sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan, TNI Polri tetap bersinergi dengan semua pihak. Perbedaan Politik itu biasa, pada hakekatnya kita satu untuk Indonesia, jangan ragukan TNI Polri dalam mengawal jalannya demokrasi,” ungkap Mulyatna.

Selain itu, Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan, apresia dan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu dan TNI-Polri yang telah membantu masyakarat dalam mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu 2019. Dimana proses pentahapan Pemilu 2019 sangat memerlukan waktu yang sangat panjang dan ekstra dalam bekerja.

“Seperti yang kita ketahui saat ini proses rekapitulasi Suara masih berlangsung di PPK Bintan Timur dan nanti akan dilanjutkan rekapitulasi suara tingkat KPUD Bintan, semoga sebelum puasa proses tersebut bisa selesai dilaksanakan. Kita berkumpul sebagai bentuk komitmen bersama bahwa kompetisi adalah sebuah dinamika,namun dinamika tersebut sudah berlalu sehingga kita perlu bersatu untuk membangun Indonesia kembali,”ungkap Sujadi.

Sujadi menuturkan, Kabupaten Bintan memerlukan sebuah komitmen besar dalam mewujudkan keamanan, sebagai bentuk upaya prefentif dari Pemerintah Daerah bersama TNI-Polri dan jajaranan Forkompimda  yang di rangkaikan dalam  silaturahmi agar tidak larut dalam proses dinamika Politik  2019.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan, ikut mengucapkan bela sungkawa kepada Petugas yang gugur dalam melaksanakan tugas pada Pemilu 2019. Kita bersama mempunyai harapan besar dalam mewujudkan Kabupaten Bintan yang aman dan damai,”tutur Sujadi.

Kegiatan dilanjutkan pengucapan Deklarasi Bersama dalam mewujudkan Kabupaten Bintan yang aman dan damai Pasca Pemilu 2019 oleh Unsur FKPD, Perwakilan Partai Politik,  Ormas yang dipandu oleh H. Apri Sujadi, S.Sos (Bupati Bintan) sebagai berikut :

  1. Kami Pimpinan FKPD Kabupaten Bintan beserta Peserta Pemilu dan seluruh Komponen Masyarakat Bintan dengan ini menyatakan :
  2. Mengapresiasi semua pihak yang telah ikut membantu atas terselenggaranya Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk di Kabupaten Bintan
  3. Menolak segala tindakan inskontitusional dalam bentuk apapun yang dapat menyulitkan semua pihak.
  4. Apabila terjadi permasalahan, kami akan menyelesaikan sesuai dengan Peraturan Peraturan Perundang – Undangan yang berlaku.
  5. Sepakat menunggu dan menyepakati hasil keputusan KPU RI serta tetap menjaga keamanan, ketertiban selama proses Penghitungan suara oleh KPU.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanda tanganan Berita Acara kesepakatan oleh Tim Pemenangan TKN yang diwakili oleh Indra Setiawan, S.ST dan Tim Pemenangan BPN diwakili oleh ibu Zahara serta disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir.

Kegiatan Silaturahmi dan Deklarasi pasca Pemilu 2019, dihadiri secara langsung oleh Apri Sujadi, S.Sos (Bupati Bintan), Drs. Dalmasri, MM (Wakil Bupati Bintan), Adi Prihantara, MM (Sekda Bintan), Trijono, S.Kom, MM (Wakil Ketua II DPRD Bintan), Kolonel Laut (T) Mulyatna (Kafasharkan Mentigi), AKBP Boy Herlambang, SIK, M.Si (Kapolres Bintan), Sigit Prabowo, SH.MH (Kejari Bintan), Letkol inf IG Putu winangsa (dandim Bintan), Mayor lek heri eka (dan Satrad), Ervina Sari, SE (Ketua KPU Bintan), Febriadinata, ST (Ketua Bawaslu Bintan).

Dan turut dihadir oleh Indra Setiawan, S.ST (Ketua Tim Pemenangan TKN Bintan), Zahara (Perwakilan Tim Pemenangan BPN Bintan), Para OPD Bintan, Perwakilan Partai Politik, Perwakilan Ormas dan Tokoh Masyarakat, sekitar 100 orang. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *