Perusahan BKP-BTR di Wetar MBD Buka Diklat Operator Alat Berat Bagi Karyawan Perempuan

Adventorial News

Wetar, CakraNEWS.IDPertambangan kerap kali dianggap sebagai lapangan kerja bagi kalangan pria saja, namun tidak untuk BKP-BTR. Perusahan yang bergerak di bidang tembaga di Pulau Wetar Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) itu mewujudkan komitmennya melalui penyelenggaraan Mining Apprentice Program (MAP).

Kegiatan dimaksud berupa pelatihan mengoperasikan alat berat yang dikhususkan bagi peserta perempuan.
Kegiatan ini dilakukan perusahan Batutua Kharisma Permai dan Batutua Tembaga Raya (BKP-BTR) sebagai bentuk komitmen fundamental terhadap kesetaraan gender dalam dunia pertambangan di Maluku Barat Daya.

Dicky Murod, Senior Manager External Affairs BKP-BTR, dalam keterangan Persnya kepada media ini menyatakan bahwa MAP bertujuan memberikan keterampilan mengoperasikan alat berat kepada kaum perempuan sehingga terbuka peluang bekerja di dunia pertambangan, dan mengisi kebutuhan operator alat berat di BKP-BTR.

Dijelaskan, MAP telah berlangsung pada Juli lalu dengan 22 peserta yang terbagi dalam empat kelompok. Sepuluh orang diantaranya telah dinyatakan lulus dan sudah bekerja sebagai operator alat berat. Para peserta tersebut berasal dari Desa Lurang dan Desa Uhak, dua desa terdekat dengan lokasi BKP-BTR.

Saat ini kata dia, BKP-BTR kembali menyelenggarkan MAP dengan peserta dari Desa Lurang, Desa Uhak dan diluaskan ke desa-desa lain di Pulau Wetar dan pulau lain di Maluku Barat Daya.

“”Kegiatan  kali ini disiapkan untuk 51 peserta yang akan dibagi dalam enam kelompok dan berlangsung secara berurutan tiap kelompok sesuai jadwal yang telah ditentukan. Setiap kelompok dijadwalkan berlatih selama 50 hingga 60 hari,” ujarnya.

Menurutnya, BKP-BTR sebagai anak perusahaan Merdeka Copper Gold, akan menyediakan beberapa fasilitas kepada para peserta, yaitu penginapan dan konsumsi selama masa pelatihan dan uang saku sebesar satu juta lima ratus ribu yang diberikan pada akhir masa pelatihan. Sementara itu lanjut Dicky bahwa, BKP-BTR telah melakukan sosialisasi sekaligus menerima pendaftaran peserta baru di Desa Lurang dan Desa Uhak.

Kegiatan sosialisasi dan pendaftaran yang sama lanjut Dicky akan diadakan juga di desa-desa lain di Pulau Wetar. Bagi peminat atau yang tidak sempat mendaftar pada saat acara sosialisasi dapat menyampaikan berkas persyaratan menjadi peserta kepada External Affairs Department BKP-BTR.

Disampaikan pula, Syarat pendaftaran adalah perempuan warga Pulau Wetar atau Maluku Barat Daya yang dibuktikan dengan KTP, usia minimal 21 tahun, tinggi badan minimal 160 cm., berbadan sehat dan tidak buta warna, pendidikan minimal SMP atau sederajat, melampirkan surat izin orang tua atau suami bila telah menikah. Pendaftaran melalui External Affairs Department BKP-BTR, tutupnya. *** CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.