PISAH SAMBUT PEJABAT UTAMA POLDA MALUKU DIGELAR DI KEDIAMAN KAPOLDA

Berita Pilihan Polri

Ambon, Maluku – Resmi sejumlah posisi jabatan Perwira menengah Polri dipindah tugaskan. Hal ini ditandai dengan digelarnya acara pisah sambut di kediaman Kapolda Maluku, Kamis (1/11/2018).

Agenda yang dihadiri lengkap Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa, Wakapolda dan sejumlah perwira utama jajaran Polda Maluku tersebut berlangsung khidmat.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan bahwa pergantian jabatan atau mutasi merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi, tak terkecuali dilingkungan Polri.

Sebagai bentuk penyegaran dan pengembangan karier anggota kedepannya. Dengan pergantian jabatan di lingkungan Polda Maluku, diharapkan akan membawa perubahan dan penyegaran khususnya dalam pelaksanaan tugas operasional sehingga kedepan Polri akan baik dan maju.

Dalam prakatanya, Kapolda Maluku tak henti-hentinya memberikan humor untuk mencairkan suasana.

“Dirpol Air yang terhitung sudah 10 tahun di Maluku. Memang Beliau belum boleh pindah sebelum mengelilingi pulau-pulau di Maluku ini. Termasuk pulau terjauh yang dekat dengan Australia,” ungkapnya disambut tepuk tangan para audiens.

Dikatakan, sejumlah pejabat yang hingga masih bertahan adalah bentuk dedikasi yang luar biasa yang patut diberi apresiasi.

Sementara Kombes Purwolelono,S.IK.MM, Irwasda Polda Maluku yang lama, mewakili pejabat lama yang akan dimutasi mengaku punya cerita yang tentunya berkesan selama kurang lebih hampir setahun di Maluku.

Perwira yang kini menjabat Irwasda Polda Kepri tersebut mengaku begitu luar biasanya kekerabatan, persahabatan di Maluku selama bertugas.

“Hal ini sulit didapati di daerah lain,” akui Irwasda.

Selian itu, perihal hobi, Maluku kota Ambon khususnya memberikan kepuasan tersendiri terhadap dirinya dan pe-sepeda lainnya. Pasalnya, Dirinya telah menghatamkan 39 kilo meter track pulau Ambon.

“Saya senang sekali karena telah menuntaskan rute Leitimur, Jazirah Leihitu naik hingga dusun Telaga Kodok yang rutenya luar biasa. Sebelumnya belum ada yang tuntaskan ini. Setelah kehadiran Pak Kapolda baru baru ini, kemudian memberikan spirit luar biasa memacu semangat kami. Kebetulan kami punya hoby yang sama yakni bersepeda. Semua berkata Pak Kapolda,” kenang Irwasda dalam tuturnya.

Berbeda dengan pejabat baru Kombes Pol, Drs Sungkono mewakili empat pejabat baru lainnya mengungkapkan terimaksihnya kepada jajaran Polda Maluku yang telah menerima dengan hangat pejabat baru yang resmi telah menjadi bagian dari keluarga besar Polda Maluku.

Pantauan media ini, acara pisah sambut diakhiri dengan penyerahan tanda terimaksih dari kapolda kepada para pejabat lama yang telah dimutasikan.

Sebagaimana yang diketahui bersama, serahterimah jabatan  perwira menengah Polri yang bertugas di Polda Maluku, sebagaimana dimuat dalam Surat Telegram Kapolri, nomor ST/2595/X/KEP/2018, tanggal 14 Oktober 2018, diantaranya, jabatan Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda), Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM), Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dir Pamobvit) dan Kepala Bidang Keuangan.

Nama-nama perwira menengah Polri yang bertugas di Polda Maluku yang diserahterimahkan dalam lampiran Surat Telegram Kapolri: ST/2593/X/KEP/2018, tanggal 14 Oktober 2018,diantara Kombes Purwolelono,S.IK.MM, jabatan lama Irwasda Polda Maluku, dimutasikan dengan jabatan baru selaku Irwasda Polda  Kepulauan Riau.

Jabatan Irwasada Polda Maluku, akan digantikan oleh pejabat baru Kombes Pol, Drs Sungkono, yang sebelumnya menjabat selaku Irbid Jemengarku Itwil V Itwasum Polri.

Kombes Pol, Harvin Raslim,jabatan lama Karo Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Maluku dimutasikan dengan jabatan baru sebagai Karo SDM Polda Nusa Tenggara Timur (NTT). Jabatan Kari SDM Polda Maluku akan digantikan dengan pejabat baru, Kombes Pol, Nanah Chadarusman, yang sebelumnya menjabat sebagai Karo SDM Polda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Selanjutnya Kabid Keuangan, Kombes Pol, Eryek Kusmayadi,dimutasikan dengan jabatan baru sebagai Kabid Keuangan Polda Jabar. Penggantinya AKBP, H Andul Muis B Jauhria. Jabatan AKBP, Andul Muis B. Jauhria, sebelumnya sebagai Kabagdal progar Rorena Polda Jabar.

Direskrimum Polda Maluku Kombes Pol, Gupuh Setiyono, digantikan Kombes Pol, Antonius Wantri Yulianto. Kombes Pol, Gupuh Setiyono, yang sebelumnya dikabarkan akan dimutasikan sebagai Dir Resrkimum Polda Sumatera Selatan, berganti jabatan baru sebagai Dir Reskrimum Polda Jawa Timur. Penggantinya, Kombes Antonius Wantri Yuluanto, ini merupakan Dosen Utama AKPOL Lemdiklat Polri.

Tidak saja itu, Dirpamobvit Kom­bes Akhmad Yusep Gunawan menduduki jabatan baru se­bagai Direskrimum Polda Jatim. Penggantinya Kombes Pol, Ferdinan Pasaribu, yang saat ini menjabat sebagai Dirpamobvit Polda Papua Barat.

Tak hanya jabatan Pejabat Utama Polda Maluku yang dimutasikan,namun jabatan perwira menengah yang ada di 2 Polres dilingkup satuan kerja kewilahyaan Polda Maluku,juga dimutasikan.

Jabatan Pamen Polres dalam lingkup kerja kewilahyaan Polda Maluku,yang dimutasikan diantaranya, jabatan Kapolres Maluku Tenggara Barat (MTB), AKBP, Raymundus Andhi Hedianto, juga dimu­tasikan sebagai pamen Polda Maluku dalam rangka pemeriksaan dan lain-lain.

Penggantinya AKBP Andre Sukendar yang saat ini menjabat sebagai Kabagdalpers Biro SDM Polda Maluku. Sementara Kapolres Buru AKBP Adityanto Budi Satrio dimutasikan me­nempati jabatan baru Wadireskrimum Polda Maluku. Penggantinya AKBP Ricky Purnama Kertapati yang saat ini menjabat sebagai Kabagbinopsnal Ditreskrimsus Polda DIY.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.