PKK Bursel Juara 1 Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Tim Penggerak PKK Kabupaten Buru Selatan berhasil menjadi juara 1 kategori Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Penanganan Stunting tingkat provinsi Maluku tahun 2022.

Dalam lomba tersebut, TP PKK Bursel membuat masakan untuk ibu menyusui, ibu hamil dan juga untuk Batita. Masakan tersebut menurut Ketua TP PKK Bursel, Nelly Selsily, terbuat dari bahan lokal yang mudah didapat dan praktis pengolahannya, sehingga ibu-ibu di desa bisa mendapatkan dan membuatnya.

“Kentang dan wortel yang kami pakai ini dari Desa Fakal, Kecamatan Fena Fafan, Kabupaten Buru Selatan. Untuk ikan, kita pakai ikan tuna. Adapula sayur gudangan, kacang merah dan singkong yang di parut. Ada juga timun, tomat, ikan dan sayur jadi lengkap. Jadi kalau ini untuk ibu hamil, dimakan 1 saja cukup. Tidak usah makan yang lain lagi karena ini sudah memenuhi B2SA,”terangnya.

Dirinya berharap, saat kembali ke Bursel, akan dilakukan pelatihan dan training untuk ibu-ibu PKK di kecamatan maupun desa, sehingga bisa mengolah bahan yang ada di sekitar dengan cara yang praktis dan bermanfaat untuk ibu hamil, ibu menyusui dan Batita.

Sedangkan yang menarik dari Kabupaten Buru Selatan adalah singkong panggang kekinian, yang dibikin menarik, agar anak-anak bisa makan.

Dalam kegiatan lomba tersebut, Ketua TP PKK di dampingi Plt Kadis Ketahanan Pangan Bursel, Salam Bahta,
Sekretaris TP PKK Rosmini Mahulette, Wakil Sekretaris Imelda Solissa, Wakil Ketua 2. Hj. Ama Walla, Wakil Ketua 3 G Wamese, Ketua Pokja 1 Hj. S Laitupa, Ketua Pokja 2 G. Souwakil, Ketua Pokja 3 Rita Gay, anggota Pokja 3, D Riri, Ivonne Nussy, Afny. Bachta dan Siti Soulisa.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.