PN Dataran Hunipopu Kabupaten SBB  Rayakan 75 Tahu MA RI

Lintas Nusantara News

Piru, CakraNEWS.ID– JAJARAN Pengadilan Negeri (PN) Dataran  Huniopu kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) merayakan Hari  Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) ke-75 di kantor  PN jalan Pendidikan , Rabu, (19/08).

Syukuran HUT MA RI tersebut dihadiri Bupati Kabupaten SBB Moh Yasin Payapo, Kapolres  SBB AKBP Bayu T Butar-Butar serta  sejumlah Forkpimda .

Syukuran Hut MA RI ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua PN Dataran Hunipopu, Johanis Dairo Malo ,SH MH didampingi Ketua Darmayukti Karini , Maria Dairo Malo.

HUT MA tahun 2020 bertajub Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan  Merespon Pandemi Covid-19.

Dengan mengedepankan peraturan pemerintah tentang  Protokol Kesehatan, jaga jarak , memakai Masker , cuci tangan, dan ukur suhu( Skener ) agenda syukuran tersebut berlangsung khidmat.

Agenda tersebut juga sekaligus dilaksanakan video Komprens di ruang Sidang Kantor PN, yang dipipin oleh Kepala PN ,Johanis Dairo Malo  SH.MH  didampingi Ketua Darmayukti Karini  Maria Dairo Malo,   Hakim Pengadilan Negeri,  Datran Hunipopu  Agus Triyanto SH.MH ,Hoky SH, Andi Maulana Arif Nur SH dan Hakim Pengadilan Agama Dataran Hunipopu Pejabat sementara  Ibu Siti Marsita Tualeka SH , alamat Desa Waipirit Kecamatan Kairatu,   sama sama mengikuti upacara Spritual melalui Video Konfrens    dengan Mahkama Agung R I di Jakarta.

Ketua PN Dataran Hunipopu, Johanis Dairo mengatakan, Hut ke 75 menandakan bahwa berdirinya MA  seiring dengan berdirinya N K R I karena MA terbentuk tangal 17 Agustus 1945, dan pada tanggal 17 Agustus 1945  pemerintahan  Exsekutif menyatakan diri NKRI.

Kehadiran MA adalah bagian dari PN dari penetapan Hukum,dengan situasi yang ada kususnys PN Dataran Hunipopu dan Pengadilan Agama berjalan efektif tanpa ada alanggan, tentunya tidak terlepas dukunggan dari pemerintah Daerah Kab SBB,

“Kebersamaan yang sudah kita jalankan  ini semogah tetap terjaga, kedepannya Exsistensi dari Pengadilan tetap bersama sama membangun Kab SBB menjadi lebih baik sebagai mana tujuan fisi dan Misi Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Kesempatan itu, Ketua PN  mengharapkan dari Pemerintah Daerah untuk bisa memberikan lahan agar dapat membangun Kantor PN.

“Karena Anggaranya sudah ada dari Pemerintah pusat untuk Tahun 2020, namun karena lahanya belum ada maka di tunda samapai tahun 2021, untuk itu , Kami mohon dukungan dari Pemerintah Daerah supaya secepatnya menyediakan lahan,” akuinya.

Ssementara  Bupati Kabupaten SBB Moh. Yasin Payapo dalam sambutannya mengatakan,  untuk memperingati hari yang bersejarah ini bagi Bangsa Indonesia serta Lembaga peradilan Hukum yang tertinggi di NKRI.

“Seyogyanya Kita rayakan dengan penuh semangat perjuangan lara pejuang kemerdekaan yang sudah menghapus penjajahan dan penindasan dari bumi Tanah Air Indinesia,”  ungkap Bupati.

Selaku pimpinan Daerah Bupati berterima kasih kepada Forkopimda Kabupaten SBB yang selalu ada dan mendorong berbagai kemajuan di Daerah dan banyak hal yang sudah diraih bersama. Baik prestsasi di bidang Inovasi Daerah dan kinerja pemerintah dalam menekan penyebaran wabah Covid – 19.

“Semoga kemajuan ini dapat membantu Daerah dalam memajukan Bumi Saka Mese Nusa yang sama sama Kita cintai,” ungkapnya.

Turut hadir Waka Polres, Akmil Djpa S.Ag, Dan Dim 1502 Masohi, Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, Pabung Kodim Persiapan Kab SBB, Mayor Inf S Sinaga, Pabung SBB Mayor Ifn D Mado, Mantan Bupati J  Puttileihalat, Ketua DPRD Kab SBB Rasid Lisaholid, Sekertaris Daerah Mansur Tuharea  beserta sejumlah tokoh Agama dan tokoh Masyarakat.*** CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.