Polda Maluku Bersama Polres Kepulauan Tanimbar, Siap Suksesi Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke XXIX Di Saumlaki

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Pelaksnaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku ke XXIX, yang akan berlangsung di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dari sisi keamaman mendapat dukungan penuh dari Kepolisian Daerah Maluku.

“Kita Polda Maluku dan Polres Kepulauan Tanimbar mendukung penuh seluruh rangkaikan kegiatan MTQ dimaksud. Bagi Kapolres, apabila memerlukan BKO Personil dari Polda agar disampaikan segera ke Karo Ops untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti,” ucap Kapolda Maluku, Irjen Pol, Lotharia Latif, saat melakukan tatap muka langsung dengan Panitia MTQ, dalam kunjungan kerja ke Polres Kepulauan Tanimbar.

Kapolda Maluku juga meminta agar dalam pelaksanaan MTQ nantinya,tetap memperhatikan penerapan pedoman atau SOP pencegahan covid-19. Ia berharap penerapan protokol kesehatan diperketat.

“Peserta yang hadir dalam kegiatan nanti diharapkan harus sudah menjalani vaksin ke dua, dan juga harus ada rujukan Rumah Sakit,” pintanya.

Jenderal bintang dua itu juga memerintahkan kepada Kapolres Tanimbar untuk apat menyiapkan berbagai kesiapan akomodasi terkait dengan perhubungan yang akan mendukung pelaksanaan kegiatan MTQ nantinya.

Selain itu, Kapolda juga kembali mengingatkan terkait pengamanan kegiatan agar dapat dilaksanakan secara baik. Pengamanan terhadap ancaman teroris, dan antisipasi kerawanan lainnya seperti konflik.

“Pengamanan juga dilakukan terhadap Forkopimda yang hadir saat pembukaan MTQ, dan juga harus siapkan pemadam kebakaran untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” pintanya.

Olehnya itu, ia meminta Kapolres agar terus berkoordinasi dengan Dandim bersama unsur TNI lainnya.

“Kapolres didampingi dengan Dandim dan unsur TNI lainnya agar terus berkoordinasi untuk pengamanan pelaksanaan kegiatan ini,” harapnya.

Mantan Kakorpolairud Baharkam Polri ini juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak maupun elemen masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut.

“Ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan harmonis bila kita lihat. Mengapa demikian? Hal ini dapat dilihat dari struktur kepanitiaan yang mengedepankan toleransi antar umat beragama. Hal ini dapat menjadi role model bagi daerah lain,” salutnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Panitia MTQ, RD. Simon Petrus Matruty, dalam laporannya mengaku kesiapan panitia dalam segala aspek perlombaan dapat dikatakan rampung atau telah siap untuk diperlombakan.

“Terdapat 9 mata lomba yang akan diperlombakan pada pelaksanaan MTQ Tahun ini,” kata Simon yang juga merupakan Wakil Uskup Wilayah Kepulauan Tanimbar ini.

 Ia mengaku untuk aspek keamanan pelaksanaan MTQ, pihaknya telah berkordinasi dengan seluruh jajaran TNI dan POLRI, serta instansi terkait lainnya.

 “Kami mengharapkan adanya bantuan dari seluruh pihak terkait agar pelaksanaan kegiatan MTQ ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.