Polres MBD Kawal Distribusi Logistik Pemilu ke Kecamatan Terluar

Polri

Ambon,CakraNEWS.ID-Aparat Polres Maluku Barat Daya (MBD) melakukan pengamanan dan pengawalan distribusi logistik Pemilu ke 14 Kecamatan di daerah tersebut, Jumat (9/2/2024). Distribusi logistik Pemilu ke daerah-daerah terluar tersebut dilakukan dengan menumpangi KRI Teluk Wondama 527.

Pengawalan logistik Pemilu seperti kotak suara, bilik suara hingga dokumen dan sebagainya dimulai dari gudang penyimpanan milik KPU Kabupaten MBD. Distribusi logistik Pemilu menggunakan 12 mobil dum truk yang pengawalannya dipimpin perwira pengendali Ipda Ainul A. Lubis bersama 3 personel lainnya.

Hadir dalam kegiatan pendistribusian tersebut Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, Waka Polres MBD Kompol Djesy Batara, Kabag Ops AKP John R. Soplanit, Kasat Intelkam Iptu Indra Parera, Pabung TNI AL Kapten (Mar) Anton Suprapto, Ketua KPU MBD Kristian L. Talupoor dan staf, Ketua Bawaslu MBD Marthinus Kerlely, dan staf serta Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kabupaten MBD Imanuel Pattipeilohy.

Pengangkutan logistik Pemilu dimulai dari gudang penyimpanan KPU menuju Dermaga Pelabuhan Laut Kaiwatu. Logistik-logistik pemilu ini kemudian diangkut menggunakan kapal motor laut milik warga menuju ke kapal KRI Teluk Wondama 527 yang berlabuh di perairan Desa Kaiwatu.

Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, mengatakan, pendistribusian logistik pemilu hari ini dapat dilakukan lebih awal mengingat wilayah Kabupaten MBD sebagian besar berada di Pulau terluar. Dengan letak geografis kepulauan, maka sewaktu-waktu dapat dipengaruhi cuaca ekstrim yang menjadi hambatan tersendiri dalam pendistribusian Logistik Pemilu.

“Pendistribusian logistik pemilu kali ini dilakukan menggunakan kapal KRI Teluk Wondama 527 dengan sasaran 14 Kecamatan yang sebagian besar berada di Pulau terluar yaitu Pulau Wetar terdapat 4 Kecamatan, Pulau Kisar 2 Kecamatan, Pulau Sermatan 1 Kecamatan, Pulau Babar 2 Kecamatan,” kata Kapolres.

Selain itu, ada juga Pulau Wetang 1 Kecamatan, Pulau Dawelor Dawera 1 Kecamatan, Pulau Romang 1 Kecamatan, Pulau Damer 1 Kecamatan dan Pulau Masela 1 Kecamatan.

Sesuai data, 14 Kecamatan ini terdapat sebanyak 203 TPS dengan jumlah kotak suara 1.029 buah, bilik suara sebanyak 813 dan logistik lainnya sebanyak 203 karton.

Ia menambahkan, untuk Kecamatan Pulau Letti, Kecamatan Pulau Moa dan Kecamatan Pulau Lakor serta 1 TPS di Dusun Metimarang Desa Luang Barat akan dilakukan pendistribusian logistik pemilu oleh KPU dan Bawaslu serta personel pengamanan dari Polres MBD. Distribusi menggunakan speedboat. Pendistribusian logistik ini akan dilakukan pada 89 TPS dengan jumlah kotak suara 445, bilik suara sebanyak 355 dan logistik lainnya sebanyak 89 karton.

“Kami tetap optimis anggota Polres MBD yang dipercayakan melaksanakan tugas pengawalan dan pengamanan logistik pemilu dapat bekerja dengan loyalitas tinggi dan profesional, ini merupakan agenda Nasional yang diselenggarakan secara serentak di seluruh tanah air serta menjadi perhatian bangsa terhadap kinerja yang ditunjukkan Polri dalam pengamanan Pemilu, Kami bertekad mengamankan Pemilu 2024 dengan aman, lancar dan damai demi kejayaan Bangsa dan Negara,“ pungkas Kapolres.*CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *