Itwasda Polda Kepri Terima Kunjungan Tim SESKAB RI Pantau Kesiapan PEMILU 2019

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Pemantauan kesiapan menghadapi Pemilihan Umum (PEMILU) tahun 2019 di Provinsi Kepulaun Riau, dilakukan oleh Sekertaris Kabinet Republik Indonesia dengan menyambangi Itwasda Polda Kepri, Selasa (26/5/2019).

Kegiatan Pemantau Pemilu 2019 serentak di Provinsi Kepri  tersebut dipimpin oleh Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol, Purwolelono,S.IK, MM yang didamping Karoops Polda Kepri, Kombes Pol Yerry Oskag, Kabid TIK Polda Kepri, Kombes Pol Set Stepahnus Lumowa serta Wadir Polair Polda Kepri,AKBP Moji.

Sedangkan Tim SESKAB RI, dihadiri oleh, Novi Pratiwi Dewi (Kepala Bidang Organisasi Politik dan Organisasi Kemasyarakatan Lembaga Negara pada Asisten Deputi Bidang Politik Dalam Negeri),  Benedicta Trixie A, S.IP, (Kepala Subbidang Hubungan Bilateral Asia Pasifik pada Asisten Deputi Bidang Hubungan Internasional), Adam Mulya Bunga Mayang, SH (Analis hukum pada subbidang otonomi daerah pada Asisten Deputi Bidang Politik Dalam Negeri), Aryo Akmal Fauzias,S.IP, (Analis politik, hukum, dan keamanan pada subbidang hukum privat pada asisten deputi bidang hukum, hak asasi manusia, dan aparatur Negara), Ulivia Tejo Saputri,S.IP (Analis politik, hukum, dan keamanan pada subbidang kesatuan bangsa pada asisten deputi bidang pertahanan, keamanan, komunikasi, dan informatika).

Pembahasan serius mengenai pengawasan Pemilu serentak tahun 2019 di Kepri, menjadi percakapan bersama Polda Kepri bersama Tim SESKAB RI, sebagaimana yang tertuang dalam draft kuisioner diantara

  1. Bagaimana persiapan dan kesiapan pengamanan Pemilu (jumlah dan kualitas kekuatan personel, sarana dan prasarana)? Berapa (%) jumlah kekuatan yang dikerahkan dari total kekuatan yang ada?
  2. Bagaimana model formasi /komposisi penataan kekuatan antar aparat (institusi terkait seperti TNI, Polri) dalam pengamanan Pemilu? Apakah sudah ada SOP penanganan konflik Pemilu (standar penanganan dan penindakan terhadap pelaku gangguan keamanan Pemilu )?
  3. Apakah sudah dilakukan identifikasi potensi gangguan keamanan Pemilu? Apakah sudah disusun peta rawan konflik Pemilu, mengacu peta rawan konflik nasional (Peta rawan konflik Kemdagri/ Bawaslu/KPU )?
  4. Apakah sudah disusun rencana anggaran pengamanan Pemilu?Berapa besar anggaran yang   dialokasikan? Apakah permasalahan yang dihadapi?Apa solusi yang ditempuh?.

Berdasarkan pemantauan dan informasi kesiapan Pemilu yang dilakukan oleh Itwasda Polda Kepri untuk Pemilu 2019 di Kepulauan Riau tercatat untuk Daftar Pemilih Tambahan jelang HP 2 sebanyak 1.229.424 orang,dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 5.457. Untuk jumlah Caleg dari Provinsi Kepri, Caleg DPR RI sebanyak 64 orang, Caleg DPD RI sebanyak 12 orang, DPRD Provinsi sebnyak 543 orang,DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 2.342 orang. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.