Potret Potensi Pangan Lokal dan Masa Depan Petani Maluku, Wagub Buka Sosialisasi Sensus

Pemerintahan

WAGUB ORNO BUKA SOSIALISASI SENSUS PERTANIAN TAHUN 2023

Ambon,CakraNEWS.ID-Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, pada Jumat (5/5/2023) menggelar Sosialisasi Sensus Pertanian 2023, yang bertempat di Hotel Santika Premiere Ambon.

Kegiatan yang dilaksanakan di bawah Sorotan Tema “Potret Potensi Pangan Lokal dan Masa Depan Petani Maluku”, dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Nathaniel Orno, yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Turut hadir juga pada kesempatan itu Fungsional Statistisi Ahli Utama BPS Adi Lumaksono, Kepala BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia, SE., M.Si, perwakilan OPD Lingkup Pemerintahan Provinsi Maluku, Asosiasi Pertanian dan perwakilan perusahaan, Kepala Bagian Umum dan Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Maluku, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno menyampaikan atas nama pemerintah daerah Provinsi Maluku, dirinya menyambut baik kegiatan sosialisasi sensus pertanian dengan harapan meningkatkan kualitas pelayanan pertanian di daerah ini.

“Sensus Pertanian 2023 adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi para petani. Data registrasi petani merupakan gabungan dari Kementerian dan Dinas yang membawahi bidang pertanian yakni kementerian pertanian, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, serta kementerian kelautan dan perikanan. Data yang dikumpulkan diantaranya yaitu pertanian, sumber daya alam, modal produksi, dan produktifitas sumber daya manusia pertanian, hingga sumber daya teknologi.” Jelasnya.

Wagub juga menyampaikan, penetapan data yang dihasilkan sensus pertanian 2023 selain membuka peluang pemanfaatan yang luas juga akan mendukung program pemberdayaan petani.

“Selain itu sensus pertanian 2023 menjadi Langkah strategis yang tepat dalam membangun dan memulihkan Indonesia di sektor pertanian pada umumnya serta Maluku pada khususnya.” Terangnya.

Orno mengatakan untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah, namun sensus pertanian 2023 merupakan upaya hasil pencapaian komitmen untuk kolaborasi para pemerintah, asosiasi pertanian, akademisi, Lembaga elemen masyarakat, termasuk rekan pers.

“Kami harapkan seluruh rekan pers yang hadir saat ini dapat menyalurkan aspirasi dan memberikan masukan bagi pelaksanaan sensus pertanian.” Ungkapnya.

Dirinya juga mengharapkan, agar pelaku usaha pertanian dapat membantu petugas dan turut menyebarluaskan informasi sensus pertanian ini kepada semua pihak.

“Berikanlah jawaban yang sebenarnya sesuai kondisi usaha pertanian, karena jawaban bapak/ibu menentukan arah dan kebijakan yang diambil dalam memajukan perekonomian di Maluku.” Ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dan Piagam antara Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Nathaniel Orno dengan Kepala BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia, SE., M.Si. *CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *