Sahubawa Minta Bawaslu, KPU, Parpol Dan Masyarakat Malteng Ciptakan Pemilu Damai, Berkualitas Serta Transparan

Pemerintahan

Malteng,CakraNEWS.ID- Pj Bupati Maluku Tengah Dr Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Sikatakan kalau Bawaslu memiliki peran penting dan strategis dalam menjaga keberlangsungan demokrasi di Indonesia termasuk demokrasi di kabupaten yang terbentuk pada 3 November 1957 ini.

Hal ini di katakan Sahubawa dalam sambutannya yang di bacakan Pj Sekda Malteng Jauhari Tuarita, S.Pi saat membuka kegiatan apel siaga mengawal kampenye dan demokrasi pemilu damai, penandatanganan deklarasi kampanye damai pemilu 2024 serta pawai kampanye damai yang di selenggarakan Bawaslu Malteng di Jalan Pattimura tepatnya pelataran Kantor Perpustakaan Daerah, pada Sabtu, 02/12.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Malteng, pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, Bawaslu Maluku, Bawaslu Malteng dan komisioner, Komisioner KPU Malteng, Pimpinan partai politik dan pengawas Pemilu kecamatan.

Sahubawa mengatakan, apel siaga yang terlaksana ini merupakan bukti bahwa Bawaslu Malteng telah menunjukkan komitmen untuk melibatkan berbagai pihak dalam mengawal kampanye serta mendeklarasikan pemilu damai pada perhelatan pemilu 2024 mendatang.

“Pemda dan masyarakat di kabupaten berjuluk Pamahanunusa sangat mengapresiasi dan menyambut baik deklarasi pemilu damai,” ucap Sahubawa.

Dia katakan kalau Pemilu merupakan pilar pilar utama dalam demokrasi Indonesi. Kendati demikian sebagai pimpinan di bumi Pamahanunusa, Sahubawa harapkan pemilu dapat dilaksanakan dengan aman, tertib, dan santun.

“Melalui kampanye yang sehat dan damai, kita dapat memastikan bahwa suara rakyat benar-benar akan terwakili dengan baik,”Pintanya.

Sahubawa juga mengajak semua elemen masyarakat baik penyelenggara pemilu dan masyarakat umum untuk menjaga stabilitas keamanan, menciptakan kedamaian serta menghindari berbagai pertikaian selama masa kampanye hingga pada saat penjoblosan nantinya.

Masyarakat dan penyelenggara pemilu harus bisa memastikan bahwa kampanye maupun pemilu akan berjalan dan terlaksana sesuai dengan kaida aturan dan etika yang ada.

“Kita semua harus meyakini bahwa Bawaslu hadir untuk menjaga integritas dan fair play dalam setiap tahapan pemilu, sebut Sahubawa. Harapan kita semua bahwa sinergitas Pemda, Bawaslu, KPU, Parpol dan masyarakat akan menciptakan pemilu damai yang berkualitas dan transparan,”Harapnya.

ia mengatakan, perlu adanya kesadaran antara penyelenggara dan masyarakat bahwa pentingnya pemilu damai akan terlaksana di kabupaten Maluku Tengah. Kalau ini dapat terlaksana dengan baik sesuai cita-cita dan harapan masyarakat di Malteng maka kita semua yakin sungguh kalau pembangunan daerah kabupaten Maluku Tengah akan tercipta dengan baik dan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat dan daerah.

Olehnya itu pemilu damai tambah Sahubawa bukan menjadi tanggung jawab pemerintah dan Bawaslu semata. Melainkan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat dan pemerintah serta penyelenggara pemilu.

‘Mari Katong samua jaga dan kawal demokrasi dengan sepenuh hati serta jadikan pemilu 2024 sebagai tonggak sejarah keberhasilan bangsa Indonesia termasuk masyarakat dan daerah kabupaten Maluku Tengah,”pinta Sahubawa.*CNI-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *