Sekda SBT Buka Sosialisasi ‘Inga Kabar’ oleh Samun Rumakabis Peserta PKA Angkatan 5 Provinsi Maluku

Pemerintahan

SBT,CakraNEWS.ID- Untuk membentuk sosok pejabat administrator yang memiliki kemampuan tinggi dalam memimpin pejabat struktural dan fungsional di bawahnya, termasuk pemangku kepentingan lainnya, agar dapat lebih termotivasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembangunan untuk mewujudkan visi sektor atau wilayah yang telah ditetapkannya, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku saat melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V Tahun 2022.

Samun Rumakabis, S.Kep,Ns merupakan salah satu peserta PKA Provinsi Maluku asal Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang saat ini mengikuti kegiatan tersebut yakni pelatihan Struktural Kepemimpinan Administrator bagi pejabat eselon II, memaparkan implementasi aksi perubahan kinerja organisasinya pada acara sosialisasi implementasi Aksi Perubahan Angkatan V Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang berlangsung di Hotel Surya Lantai 3 Kota Bula, Jumat (11/11/2022).

Peserta latihan kepemimpinan asal Kabupaten SBT Samun Rumakabis, S.Kep.,Ns dengan NDH 14/PKA-V/2022 Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten SBT. Diketahui, peserta PKA Samun Rumakabis, saat ini juga dipercayakan oleh Pemerintah Daerah sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten SBT dengan judul aksi perubahan “Implementasi Peraturan Daerah Kantor Bebas Asap Rokok” yang di mentori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten SBT, Jafar Kwairumaratu, dan Coach Marsye, F. Kalahatu.

Ketua panitia kegiatan sosialisasi Baharudin Tukuwain,dalam laporanya menyampaikan, tujuan yang di gelar merupakan bagian dari sosialisasi Perda tentang Kantor Bebas Asap Rokok di lingkungan OPD Kabupaten SBT yang telah ditetapkan melalui Perda Nomor 2 tahun 2019. Selain itu, untuk membangun kerja sama komitmen publik dalam kegiaatan aksi perubahan tentang kantor bebas asap rokok.

“Komitmen yang diharapakan agar Perda tentang kantor bebas asap rokok dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh pimpinan OPD berserta staf guna mewujudkan lingkungan kantor yang sehat dan produktif,” harap Tukuwain.

Sekretaris  Daerah Jafar Kwairumaratu hadir sekaligus membuka pelaksanaan kegiatan tersebut menyampaikan, apresiasi atas program yang di lakukan dalam aksi perubahan itu. Ia juga meminta untuk program yang di laksanakan agar selalu di terapkan oleh sejumlah OPD yang ada di Kabupaten SBT serta beberapa tempat yang sudah tertuang dalam Perda Nomor 2 Tahun 2019 sebagai kawasan tanpa rokok.

Dikatakan Kwairumaratu, aksi perubahan dari Project Lider Samun Rumakabis merupakan sebuah langkah terbaik demi mendukung penuh atas Perda yang ditetapkan tentang kantor bebas asap rokok.

“Jadi dengan aksi ini tentunya bermanfaat bagi kita, untuk itu harus di semua kantor yang ada di daerah ini sudah menyediakan tempat untuk merokok agar tidak menganggu proses pelayanan perkantoran nantinya,” pungkasnya.

Menurut Kwairumaratu, Salah satu tujuan diadakan pelatihan kepemimpinan untuk mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan pelayanan yang lebih baik kedepanya.

Ditambahkan Kwairumaratu, pemerintah Kabupaten SBT akan selalu mensupport dan siap berdampingan dalam segala bentuk upaya dari aksi perubahan demi perbaikan pelayanan kabupaten SBT yang menjadi salah satu upaya dalam mensehatkan masyarakat terutama di semua kantor yang ada di bumi bertajuk Ita Wotu Nusa itu.

Sementara itu, Samun Rumakabis peserta aksi perubahan disela-sela kegiatan tersebut mengungkapkan, sosialisasi yang di gelar gunanya mendukung penuh aksi perubahan yang diikutinya, serta sebagai implementasi dari seluruh kegiatan jangka pendek yang dimulai dari pembentukan tim kerja, koordinasi antar stakeholder melalui aksi perubahan Inga Kabar.

“Kegiatan ini selain untuk aksi perubahan tentunya kami sudah siap untuk terus mensosialisasikan kawasan tanpa rokok di seluruh OPD Lingkup Pemda SBT nantinya hal ini juga menjadi sebuah tugas besar bagi kita semua untuk merujuk kepada pelayanan yang maksimal di setiap instansi terkait di daerah ini,” ungkap Rumakabis.

Aksi perubahan dari Project Lider Samun Rumakabis dengan menghadirkan tiga Narasumber utama yakni dr. Abdul Mubdi Ardiansar AK, Sp.PD dari RSUD Bula memaparkan materi tentang bahaya rokok bagi kesehatan, Kasman Kelimagun, S.Pd Kepala Satpol PP SBT memaparkan tentang pengawasan dan pemantauan, penerapan kawasan tanpa rokok di Lingkup OPD Pemda SBT dan Faris Tianotak Kepala Bagian Hukum Setda SBT memaparkan terkait dengan Diseminasi Perda Nomor2 Tahun 2019 tentang kawasan tanpa rokok di Lingkup OPD Pemda SBT.

Kegiatan tersebut selain dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Jafar Kwairumaratu, juga dihadiri oleh sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemda SBT, Peserta PKA Angkatan V asal kabupaten SBT, Staf Dinkes SBT serta Tim Work Inga Kabar. *CNI-07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.