Sinergitas TNI/Polri Bersama Pemerintah, Perekat Operasi Lilin Seligi 2018 di Kepri

Militer Polri

Kepri,CNI- Sinergritas TNI/Polri bersama Pemerintah menjadi perekat utama pada pelaksanaan Operasi Lilin tahun 2018, pengamanan Natal dan Tahun Baru yang digelar secara serantak di seluruh Indonesia.

Soliditas dan kekompakan TNI/Polri, bersama Pemerintah, diperlihatan Polda Kepri, pada pelaksanaan upacara Operasi Lilin, dengan sandi kedaerahan Operasi Lilin Seligi tahun 2018, yang dilaksanakan di lapangan Engku Putri, Kota Batam, Jumat (21/12/2018).

Operasi Lilin Seligi 2018, yang mengusung tema “Melalui apel gelar pasukan Operasi Lilin 2018, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budi Revianto, S.IK, bersama Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Gabriel Lema,S.Sos

Upacara Lilin Seligi tersebut, juga dihadiri oleh Waka Polda Kepri, Brijen Pol, Drs Yan Fitri Halimansyah, MH, Gubernur Kepri,Dr.H.Nurdin Basirun,S.Sos,M.Si, Ketua DPRD Kepri, Danlantamal IV, Kabinda Kepri, Ka BNNP Kepri, Danlanud RHF, Kepala Bea Cukai Batam, Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol. Purwolelono, S.IK. MM, PJU Polda Kepri. Serta turut dihadiri oleh Kapolresta Barelang, Walikota Batam dan Forkompimda Kepri

Sebagai kesiapan personil sebelum diterjunkan ke pos-pos pengamanan, mengawali upacara dilakukan pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Kepri bersama Dandrem 033/Wira Pratama, yang didamping oleh Gubernur Kepri dan Walikota Batam.

Mengawali sambutan tertulis Kapolri pada pelaksanaan Operasi Lilin tahun 2018, Kapolda Kepri menyampaikan Operasi Lilin Seligi tahun 2018, merupakan operasi kemanusiaan yang dilakukan oleh Polri untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Selaku Kapolda Kepri, saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari seluruh masyarakat dan instansi terkait, yang telah mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Seligi tahun 2018. Hal ini tentunya dilakukan oleh TNI/Polri bersama Pemda Kepri dan Pemkot Batam dalam menciptakan situasi Kamtibmas dilingkungan masyarakat Kepri, agar terjaga dengan aman dan kondusif. Mohon maaf apabila terdapat pelayanan dari Polda Kepri dan jajaran yang belum optimal kepada masyarakat,” tutur Jenderal Polri berpangkat dua bintang emas itu.

Disisi lain Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kapolda Kepri mengatakan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran di Indonesia, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiap siagaan personil Polri, dengan melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

“Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait lainnya, menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi ‘Lilin 2018’, yang melibatkan 167.783 personil pengamanan. Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, ”tutur Kapolri

Kapolda Kepri,Irjen Pol Andap Budi Revianto, S.IK,bersama Dandrem 033/WP, Brigjen TNI Gabriel Lema,S.Sos
Kapolda Kepri,Irjen Pol Andap Budi Revianto, S.IK,bersama Dandrem 033/WP, Brigjen TNI Gabriel Lema,S.Sos

Kapolri juga menekanan, peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti, begal, premanisme, maupun aksi street crimes seperti pencurian, pencopetan, dan sebagainya.

“Saya menekankan agar seluruh jajaran terus melakukan kegiatan pendampingan dan operasi pasar secara bersama dengan seluruh instansi terkait. Jika perlu, lakukan penegakan hukum secara tegas terhadap para pelaku penimbunan, monopoli, dan mafia pangan secara tepat, yang tidak menimbulkan dampak kontra produktif,”tegas Kapolri.

Senanda dengan amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolda Kepri,Danrem 033/ WP dalam sambutnya mengatakan, sebagai azas ketakwaan dalam Satuan Penugasan (Satgas) yang ada di TNI AD, Korem 033/WP selaku Komando Kewilahyaan, akan tetap bersama-sama dengan Polda Kepri dalam mendukung penuh pelaksanaan Operasi Lilin Seligi  tahun 2018.

“Sebagimana azas kesatuan komando dan humanis, yakin, percaya dan teguh terhadap rantai komando terutama dalam kegiatan Operasi Lilin Seligi 2018. Untuk humanis bukan hanya memberikan rasa aman kepada masyarakat melainkan memberikan rasa aman bagi hati masyarakat,”tutur Danrem. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.