Tifa Ditabu Bersama, Wakil Gubernur Maluku Buka Maluku Baileo Exhibition

Adventorial News

Makassar, CakraNEWS.ID- WAKIL Gubernur (Wagub) Maluku, Drs. Barnabas Nataniel Orno membuka dengan resmi Maluku Baileo Exhibition di Mall Ratu Indah Kota Makassar, Jumaat (04/02).

Pembukaan event tersebut ditandai dengan pemukulan tifa yang dilakukan bersama ketua Dekranasda Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail dan Plt Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili asisten II Ichsan Mustari, serta Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Maluku menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail. Namun dipastikan akan hadir dalam agenda forum bisnis di Four Point Makassar.

Disampaikan, pemerintah provinsi Maluku memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dan seluruh jajaran.

Terimakasih pula dilayangkan kepada Walikota Makassar yang telah memberikan kesempatan kepada provinsi Maluku menyelenggarakan Maluku Baileo Exhibition.

Wagub mengakui, momentum pelaksanaan Maluku Baileo Exhibition merupakan sejarah. Dimana kesempatan Maluku dapat “go nasional,” untuk memperkenalkan prodak-prodak unggulan.

Perih Sulawesi Selatan menjadi tempat pelaksanaan Maluku Exhibition, Wagub menjelaskan, tengah berupaya untuk menyamakan presepsi.

“Sebagai sesama provinsi di kawasan Timur Indonesia, Kami ingin menyamakan presepsi dan menjajaki sejunlah program kerja sama antara Maluku dan Sulses dalam rangka mendorong terwujudnya kawasan pertumbungan ekonomi baru Indonesia Timur,” papar Wagub.

Kedua, lanjut Wagub, provinsi Sulses telah jauh berkembang dan memiliki banyak perusahaan besar di berbagai sektor unggulan.

“Karena itu, kami berharap dapat belajar banyak dari Sulsel sekaligus moment menjadi titik awal terjalinnya kerja sama bisnis yang lebih kongkrit antar pelaku usaha Maluku dan Sulses,” terang Orno.

Dirinya menegaskan, pihaknya hendak memastikan kondisional agar gerak pertumbuhgan UMKM maupun sektor usaha ekonomi kreatif dapat terus berkembang di Maluku maupun Sulsel.

“UMKM merupakan salah satu unit usaha dalam masyarakat kita yang terbukti mampu bertahan ditengah pandemi covid19,” beber Orno.

Orno menegaskan, provinsi Maluku punyai 4 sektor unggulan yaitu bidang kelautan dan perikanan, Pariwisata, Pertanian dan Pertambangan.

Empat bidang unggulan ini kata dia, menjadi prioritas untuk dikembangkan dan dikerja-samakan dengan provinsi lain.

Pelaksanaan Maluku Baileo Exhibition melalui pameran UMKM Maluku ini, bertujuan sebagai ajang promosi prodak-prodak unggulan UMKM termasuk dari ke-Empat sekto unggulan dimaksud,” kunci Wagub.

Sementara Asisten II Bidang Ekonomi Pemprov Sulsel, Ichsan Mustari, memberikan apresiasi kepada Pemprov Maluku, yang melaksanakan event Maluku Baileo Exhibition di Makassar. Iapun berharap, ada tindaklanjut dalam bentuk kerjasama setelah pelaksanaan exhibition ini.

“Kita harap, ada tindaklanjut ke depannya. Tidak hanya sampai tahap exhibisi ini saja,” kata Ichsan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dalam sambutan selamat datangnya, mengaku bangga karena Makassar dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Maluku Baileo Exhibition.

Iapun berharap, kerjasama antara Maluku dan Kota Makassar bisa dirajut kembali. Apalagi, pemerintah pusat telah mencanangkan Jalur Rempah.

“Ada semangat yang harus kita rajut kembali, yakni semangat Jalur Rempah, yang telah dicanangkan pemerintah pusat,” singkatnya.

Untuk diketahui, event Maluku Baileo Exhibition mengendakan dua agenda besar. Yakni Pameran UMKM dan forum bisnis dan inevstasi.

Kegiatan dalam jadwalnya akan berlangsung selama 4-6 Februari 2022 di Mall Ratu Indah dan Four Point Hotel.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *