Tim Fasilitator TEKAD Tinjau Lokasi Kerja Pendampingan di Seram Timur

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– TIM Fasilitator TEKAD kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) meninjau lokasi target pendampingan. Suatu program transformasi ekonomi kampung terpadu dari kementerian Desa RI.

Tim fasilitator melalui Sadam Tubaka, Kamis (27/08) menuturkan hal tersebut kepada media.

“Fasilitator TEKAD SBT tinjau lokasi target pendampingan program transformasi ekonomi kampung terpadu Kemendes RI di Desa Kilfura, kecamatan Seram Timur,” ungkapnya Jumat Malam.

Dirincikan, tim Fasilitator SBT dalam program tersebut sebanyak 13 orang.

“Ada sebanyak 20 Desa inti dan 24 desa kluster di kabipaten SBT sebagai desa sasaran pendampingan. Salah satunya desa Kilfura,” akuinua.

Kunjungan dalam rangka meninjau lokasi kerja tersebut digelar, Senin 23/08/2021 lalu. Tim diterima dengan hangat oleh Camat setempat, Yamin Rumalutur. Selain camat dan jajarannya, Tim fasilitator juga di sambut baik jajaran pengurus PKK Kecamatan Seram timur.

Untuk diketahui, Selain sosialisasi program dari Kordinator fasilitator Tekad SBT, warga juga menyampaikan geliat warga menanam tanaman Toga yg dapat dijadikan herbal obat2an.

Namun, masih belum berkembang karena kendala akses pasar dan teknologi penunjang.

Kordinator fasilitator Mimid Suwanto dalam keterangannya menyampaikan adanya program ini akan mendorong dan membantu agar ekonomi desa lebih berkembang.

“Mislanya di desa Kilfura bisa tumbuh lewat tanaman Toga. Kita bantu desa untuk mencapai itu,” ungkap dia.

Lebih jauh dijelaskan, Program TEKAD akan dilaksanakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), melalui Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Direktorat Pedayagunaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna.

TEKAD bermaksud untuk memberdayakan masyarakat desa agar mereka dapat berkontribusi pada transformasi pedesaan dan pertumbuhan inklusif di Indonesia Timur.

Sedangkan tujuan program TEKAD adalah agar rumah tangga di pedesaan memperoleh pendapatan yang stabil dan memadai dari pengembangan produksi berbasis komoditi desa tersebut, sehingga rumah tangga pedesaan dapat mengembangkan mata pencaharian yang berkelanjutan, dan memperoleh keuntungan melalui penguatan tata kelola di tingkat desa dan kabupaten, melalui dukungan dari Kemendesa PDTT.

“TEKAD akan membantu Kemendesa PDTT dalam mengembangkan evidence- based approach untuk pemberdayaan desa dengan memanfaatkan Dana Desa dan sumber daya desa lainnya untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat desa,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Yamin Rumalutur Camat setempat, memberikan apresiasi dan siap mendukung program tekad di kecamatan Seram Timur.

“Kami dan warga menyambut dengan antusias bapak Ibu tim fasilitator. Dalam program ini tentu membawa dampak baik kepada kami,” singkatnya.**” CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *