Tim Wasops Mantap Brata Itwasum Polri Kunjungi Kantor KPU dan Bawaslu Maluku

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID- Tim Pengawasan Operasi (Wasops) Mantap Brata, Pengamanan Pemilu 2024 dari Itwasum Mabes Polri mengunjungi kantor KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku, di Kota Ambon, Kamis (7/12/2023).

Tim Wasops dari Itwasum Polri diketuai oleh Brigjen Pol M. Syamsul Huda, Irbidjemen Opsnal I Itwil IV Itwasum Polri, yang didampingi sekretaris tim Kombespol Monto Kristo, Auditor Kepolisian Madya Tk. II Itwasum Polri, dan anggota Kombespol Hartoyo, Auditor Kepolisian Madya Tk. I Itwasum Polri.

Saat melakukan kunjungan, tim Itwasum Polri didampingi oleh Kombespol Sigit N. Hidayat, Auditor Kepolisian Tingkat III Itwasda Polda Maluku, dan Kompol Bachri Hehanussa, Parik 3 Itbid 1 Itwasda Polda Maluku.

Kunjungan tim pertama kali dilakukan di kantor KPU Provinsi Maluku yang berada di kawasan Tantui. Kedatangan tim diterima oleh Kompol Ann Barends, Kasubsatgas Sterilisasi, dan AKP. Joseph de Fretes, Kasubsstgas Pam Penyelenggara Pemilu.

Kunjungan tim Itwasum Polri dilakukan untuk pengecekan kesiapan pengamanan dan pengarahan secara langsung kepada Satgas Preventif Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku yang melakukan pengamanan di dua kantor itu.

Di kantor KPU Maluku, kunjungan tim juga diterima oleh Komisioner KPU Divisi Teknis, Abdul Khalil Tianotak dan Rachel Gaspersz, Kasubag Teknis dan Humas.

Saat melakukan kunjungan, Brigjen Syamsul Huda memberikan arahan terkait beberapa hal kepada personel. Diantaranya tentang penggunaan peralatan seperti metal detektor, button stick, senjata api dan amunisi, dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu baik di kantor KPU maupun Bawaslu Provinsi Maluku.

Tim juga meninjau Posko Pengamanan, maupun pengecekan peralatan dan buku mutasi serta berdialog dengan personel pengamanan dari Satgas Preventif OMB Salawaku Polda Maluku.

“Penggunaan peralatan harus sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku. Saya harapkan kalian dalam melaksanakan tugas tetap semangat dan tetap siaga,” pintanya.

Brigjen Syamsul juga mengingatkan tentang netralitas Polri dalam melaksanakan pengamanan. Personel dalam menjalankan tugasnya harus profesional.

“Kedepankan profesionalitas dan netralitas, pegang teguh nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman hidup dan pedoman perilaku anggota Polri,” kata Brigjen Syamsul mengingatkan.

Pada kesempatan itu, tim Itwasum Polri juga melaksanakan tatap muka dengan KPU Maluku di ruang rapat lantai dua kantor tersebut.

Anggota KPU Maluku Abdul Khalil Tianotak dalam paparannya menjelaskan mengenai jumlah DPT dan TPS. Ia juga menyampaikan tahapan kampanye Pemilu yang sementara berjalan serta tahapan seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, maupun situasi wilayah Maluku secara umum.

Setelah berkunjung di KPU Maluku, tim selanjutnya menuju kantor Bawaslu Provinsi Maluku yang berada di bilangan Karang Panjang Ambon. Hal yang sama juga dilakukan di kantor Bawaslu Maluku.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *