TNI AL Pastikan, Insiden di KM Mina Sejati Bukan Pembajakan Melainkan Perkelahian Sesama ABK

Hukum & Kriminal

Dobo,CakraNEWS.ID- Informasi terakhir terkait perkembangan perampokan kapal KM Mina Sejati di laut Aru, dalam penanganan TIM pemeriksa dari TNI AL.

Hal ini ditegaskan Kadispenal Markas TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Mohamad Zaenal, yang dikonfirmasi Via teleponya melalui Danlanal Aru tadi siang kepada Sejumlah Wartawan di Mako Lanal Aru, Senin (19/8/2019).

“Kejadian yang terjadi di atas Kapal Km Mina Sejati, itu bukan Perampokan, namun Itu adalah perkelahian antar Anak Buah Kapal (ABK),”ungkap Zaenal .

Zaenal mengatakan, sampai dengan saat ini pihak TNI AL, mengunakan Kapal KRI TELUK LADA 521, untuk menyelamatkan para korban KM Mina Sejati, diperairan Dobo Kabupaten Kepulauan Aru Provisi Maluku.

“Hingga saat ini, dari  KRI Teluk Lada, lagi berusaha melakukan komunikasi dengan KM Mina Sejati, dan menurunkan tim pemeriksa untuk melaksanakan pendekatan dan berusaha melakukan langkah- langkah. Hingga saat ini komunikasi lewat radio, belum di respon oleh KM Mina Sejati. Oleh karena itu, ada upayah yang lebih di waspadai untuk menghindari kemungkinan terjadi korban lebih lanjut,”tutur Zaenal.

Perwira TNI AL berpangkat dua melati itu mengatakan, pemantauan yang berhasil dilakukan oleh personel KRI TELUK LADA 521, terpantau  saat ini jumlah ABK KM Mina Sejati ,berjumlah 36 orang, terdiri dari 3 orang pelaku melaksanakan penyerangan terhadap ABK Km Mina Sejati dan 5 orang meninggal dunia. Sementara 30 orang lainya menyelamatkan diri kelaut dengan cara melompat ke laut.

“Dari kejadian tersebut 2 orang meninggal dan 11 orang selamat di Bantu oleh KM Lurang. Sehingga sampai saat Ini masih ada 15 orang di atas kapal KM Mina Sejati bersama 3 orang pelaku,”Akuinya.

Hingga saat ini KRI TELUK LADA 521, sudah menurunkan Tim Pemeriksa di atas Kapal KM Mina Sejati dan sedang melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan lebih detail.

“Untuk motif kejadian tersebut sampai saat ini kami belum bisa menjelaskan, motifnya seperti apa nanti, kami mendalami dulu kalau sudah pasti disampaika,” kata Zaenal.

Terkait penanganan, lanjutan di Laut  Zainal mengatakan, pihak TNI AL telah menurunkan satu Armada lagi KRI SUROPATI 372, untuk membantu korban pertikaian/perkelahian yang terjadi di Kapal KM Mina Sejati

“Hingga saat ini kami tinggal menunggu hasil tim pemeriksa melaksanakan penggeledaan lebih lanjut. Terkait dengan permintaan khusus dari para pelaku sampai saat Ini pihak Lanal Dobo, belum tau para pelaku meminta apa. Sampai saat Ini kami belum tau minta tebusan apa perkembangan selanjutnya akan disampaikan,” cetusnya. (CNI-11)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *