TNI/Polri Bersama Pemda dan Tokoh Agama, Fokus Jaga Situasi Kondusif di Papua

Hukum & Kriminal

CakraNEWS.ID- Pasca terjadinya kerusuhan di Jayapura beberapa saat lalu, Kepolisian Negara Republik Indonesia bersama TNI, Pemerintah, Tokoh Agama terus melakukan upaya-upaya persuasif guna untuk tetap menjaga situasi dan kondusifitas kamtibmas di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

“Saat ini Polri, TNI, Pemerintah, serta tokoh masyarakat bersama-sama berkomitmen untuk menjaga situasi khususnya di jayapura uagar tetap aman dan kondusif. Fokus dari TNI Polri bersama Pemda, Tokoh Agama untuk menjaga situasi Jayapura dan sekitarnya menjadi kondusif,” Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, dalam keterangannya kepada Wartawan, di Mabes Polri, Jumat (30/8/2019).

Jenderal bintang satu itu, menyebutkan secara umum situasi sudah dapat dikendalikan.

“Secara umum situasi di Jayapura sudah dapat dikendalikan aparat TNI Polri, properti yang rusak sedang didatakan,” ungkap Karo Penmas,

Selain itu, Karo Penmas juga menyebutkan saat ini Polri, TNI, Pemda, maupun segenap tokoh masyarakat terus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dalam situasi apapun.

“Aparat keamanan, Gubernuh, tokoh masyarakat maupun kepala suku melakukan komunikasi dengan masyarakat menghimbau untuk tidak terprovokasi pada situasi saat ini maupun konten-konten yang sifatnya provokatif,” ungkap Karo Penmas.

Disisi lain, dalam rangka mengantisipasi kembali terjadinya kerusuhan dan menjaga kondusifitas di Mimika, Polri bersama TNI melaksanakan apel kesiap siagaan setiap hari.

Hal tersebut kembali ditegaskan oleh Kabag Ops Polres Mimika, AKP Andyka Aer.

“Setiap hari kami akan lakukan apel kesiap siagaan dengan melibatkan 400 personel gabungan TNI-Polri dan BKO Brimob Gorontalo dan Kalimantan Tengah,” ungkap Kabag Ops Polres Mimika.

Dalam keterangannya, Kabag Ops Polres Mimika juga menyebutkan apel kesiap siagaan tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya unjuk rasa susulan.

“Saat ini personel gabungan TNI-Polri telah ditempatkan di beberapa objek vital untuk memastikan keamanannya. Setiap tempat  dijaga personel gabungan TNI-Polri dan BKO Brimob,” ungkap Kabag Ops Polres Mimika.

Selain itu berbagai upaya juga dilakukan Kepolisian bersama TNI untuk tetap menciptakan keamanan dan menjaga kondusifitas khususnya di Kabupaten Mimika salah satunya dengan patroli dialogis dan masih banyak lagi. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *