Ungkap 15 Kasus Jaringan Narkotika Di Indonesia, BNN RI Musnahkan Barang Bukti Ratusan Gram Narkotika Tiga Jenis

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Badan Narkotika Nasional (BNN) lakukan pemusnahan barang bukti hasil tindak pindana narkotika. Total barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 744.308,43 gram sabu, 90.515 butir ekstasi dan 415.004,99 gram ganja.

“Sebelumnya dilakukan pemusnahan, BNN telah menyisihkan sebanyak 455,15 gram sabu, 350 butir pil ekstasi dan 461,45 gram ganja guna uji laboratorium dan pembuktian perkara di persidangan. Sehingga, total barang bukti yang berhasil disita sebanyak 745.913,08 gram sabu, 90.865 butir pil ekstasi dan 415.466,44 gram ganja,”ungkap Kepala BNN, Komjen Pol, Petrus.Reinhard Golose, dalam konferensi pers, Senin (26/4/2021)

 

Jenderal bintang tiga itu mengatakan, seluruh barang bukti tersebut didapat dari 15 kasus narkotika yang berhasil diungkap Tim BNN, dengan kronologis sebagai berikut :

  1. Petugas Sita Paket Kiriman Berisi Ganja

Sebuah paket jasa pengiriman berisi 64.00 gram ganja yang berhasil disita petugas dari Regulated Agent Adhya Avia Prima di Tangerang Banten, 7 Desember 2020. Paket tersebut ditujukan untuk pria berinisial P yang berada di Jayapura, Papua dari seseorang berinisial FM yang berada di Medan.

  1. BNN Sita Berbagai Jenis Narkoba dan Aset Fantastis dari Jaringan Kampung Ambon

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia mengungkap kasus narkotika di wilayah Kampung Ambon, Jakarta Barat pada tanggal 20 Desember 2020. Di TKP, petugas mengamankan lima orang pelaku (4 pria dan 1 wanita) atas inisial T, OC, UP, MS, dan MG. barang bukti yang disita berupa 15.220 gram ganja; 5.879 gram Sabu; 248 butir ekstasi. Selain itu, petugas juga menyita aset bandar narkoba berinisial MG senilai Rp 25,52 M.

3.Pengungkapan 177.167 Gram Sabu dan 54.702 Butir Ekstasi di Sumsel

Petugas BNN berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba melalui jalur laut yang terjadi di perairan Banyuasin, Sumatera Selatan. Dari kasus ini sebanyak 171 bungkus teh China berisi sabu seberat 177.67 gram dan 16.702 butir kapsul warna pink mengandung MDMA atau ekstasi, 20 ribu tablet warna pink dan 18 ribu butir tablet warna kuning kehijauan berbentuk kepala macan mengandung MDMA diamankan dari tangan dua orang tersangka berinisial SY (53) dan PAM (52).

Keduanya diamankan petugas saat menyandarkan kapal nelayan milik mereka di sebuah muara di kawasan Kampung Jekik, Banyuasin, Sumatera Selatan, pada 23 Januari 2021. Setelah dilakukan pengembangan, BNN mengamankan narapidana penghuni Lapas di wilayah Palembang berinisial MS.

 

  1. Sabu seberat 10.381 Gram diamankan di Kota Medan

Tim BNN amankan 3 orang tersangka berinisial N, JN, dan YR atas kepemilikan 10.381 gram sabu. Berawal dari diamankannya N di kediamannya di Kompleks Perumahan La Grandia, Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (2/2).

Dari hasil pemeriksaan N, tim BNN berhasil kantongi satu tersangka lain yakni JN. Penangkapan dilakukan, JN diamankan Tim BNN di salah satu rumah kos di Jalan Nguman Surbakti, Kota Medan pada Rabu, (3/2/2021).

Didalam kamar kos itulah petugas menemukan 10 bungkus sabu dengan berat total 10.381 gram. Pengembangan dilakukan, tim berhasil amankan satu tersangka lainnya berinisial YR tak jauh dari lokasi penangkapan JN.

  1. Sabu 15.528 Gram Dalam Bus Tujuan Tangerang

Petugas BNN melakukan penyelidikan di wilayah Palembang dan Medan (02/02), sekitar pukul 07.30 WIB Petugas BNN berhasil menangkap SMT dan EJN saat melintas dengan menggunakan kendaraan jenis bus pariwisata.

Setelah di lakukan penggeledahan Petugas BNN menemukan 15 bungkus sabu di dalam dua buah ransel dengan berat 15.528 gram dari interogasi di ketahui bahwa sabu tersebut di bawa dari Medan dengan tujuan Tangerang dan di perintahkan oleh N pemilik sabu tersebut yang berada di Medan.

  1. Ratusan Gram Sabu Disita dari Kepulauan Seribu

Berdasarkan adanya informasi masyarakat tim BNN berhasil mengamankan 436.307 gram sabu dari seorang pria berinisial M alias Degonk dan 2 orang perempuan berinisial SH dan MG, Sabtu (6/2/2021).

Barang bukti dan ketiga tersangka ditangkap di sebuah home stay di Kelurahan Untung Jawa, Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

Selanjutnya tim juga mengamankan seorang pengendali yaitu D alias Alex bin Mursan yang merupakan warga binaan Lapas di wilayah Slawi, Jawa Tengah.

  1. Kurir 1.992 Gram Sabu di Cengkareng Diciduk

BNN menangkap seorang tersangka berinisial SD alias Wawan di daerah Cengkareng, Jakarta Barat, pada 7 Februari 2021. Dari tangan tersangka SD yang berperan sebagai kurir narkotika, petugas menyita sabu seberat 1.99 gram.

  1. 400.182 Gram Ganja Dalam Paralon

Tim BNN Melakukan Pengawasan di area Pengiriman logistik Cargo Bogor (08/02), berdasarkan informasi dari masyarakat akan adanya paket kiriman dari Lhokseumawe tujuan Bogor dengan penerima berinisial IG (DPO).

Tak lama Tim BNN berhasil menangkap supir truk S setelah barang di pindahkan kedalam truk dan keluar dari area pengiriman Logistik tersebut, setelah di geledah terdapat 6 (enam) drum plastik berwarna biru yang di dalamnya terdapat paralon sebanyak 376 yang berisi ganja dengan berat 400.182 gram. Dari hasil interogasi di ketahui bahwa S di perintahkan oleh D (DPO) yang sedang menunggu di Parung.

  1. BNNP DKI Amankan Dua Kurir Berikut Sabu 6.496 Gram

Berawal dari informasi tentang adanya peredaran narkoba di daerah Pasar Minggu dan Ciputat, BNNP DKI melakukan penyelidikan. Pada tanggal 9 Februari 2021 BNNP DKI melakukan penangkapan terhadap FS di daerah Sawangan, Depok dan SA di daerah Parung, Bogor.

Dari kedua tersangka tersebut, BNNP DKI Jakarta menyita sabu seberat 6.496 gram. Kedua tersangka tersebut diketahui telah melakukan transaksi di daerah Ciputat.

  1. 728,5 Gram Sabu di depan RS Mitra Keluarga

BNN Provinsi DKI Jakarta berhasil mengamankan dua pria berinisial ID dan S. Keduanya diamankan saat melakukan transaksi narkotika di depan RS Mitra Keluarga Jakarta Pusat, Rabu, (10/2).

Dari transaksi tersebut, tim BNN berhasil menyita 0,139 Kg sabu. Pengembangan dilakukan, Tim BNN berhasil menemukan barang bukti lainnya seberat 7.146 Kg sabu. Total barang bukti yang diamankan dari kasus ini seberat 728,5 gram sabu.

  1. 200,10 Gram Sabu di Dalam Plastik Hitam

Berawal adanya informasi dari masyarakat akan adanya transaksi narkotika jenis sabu di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan Tim BNN berhasil menangkap RA yang sedang membawa sebungkus plastik berwarna hitam Rabu, (17/2/2021).

Setelah di lakukan penggeledahan di dalam plastik berwarna hitam terdapat 2 (dua) bungkus plastik bening berisi sabu seberat 200,10 gram dan dari hasil interogasi di dapat keterangan bahwa RA di perintahkan oleh YAK Alias Jeding yang berada di dalam lapas untuk membawa barang tersebut pulang dan menunggu perintah selanjutnya.

  1. 9.360 Gram sabu di dalam pintu mobil

Tim BNN amankan dua orang pria berinisial IS dan U di depan SPBU di Jalan Lintas Medan Banda Aceh, Jumat (5/3). Dari tangan kedua tersangka, BNN mengamankan 9 bungkus sabu seberat 9.360 gram. Barang bukti tersebut disembunyikan didalam pintu mobil yang dikendarai oleh kedua tersangka. Dari keterangan keduanya, diketahui sabu tersebut dibawanya dari Aceh dan hendak menuju Kota Palembang. Atas perbuatannya, kedua tersangka diamankan Tim BNN guna penyelidikan lebih lanjut.

  1. Tim BNN Bongkar Penyelundupan Narkotika Asal Malaysia

Pada hari Selasa, 16 Maret 2021 tim BNN mengamankan sebuah kapal ikan di perairan Laut Langsa yang diduga membawa narkotika asal Malaysia. Setelah dilakukan penggeledahan, tim menemukan 73.527 gram sabu dan 35.915 butir ekstasi.

Tiga orang ABK kapal A, MR, dan GS kemudian diamankan. Selanjutnya tim BNN menangkap tersangka M yang memerintahkan untuk mengambil narkotika dari Malaysia tersebut.

  1. BNN Gagalkan Peredaran 2.076,4 Gram Sabu di Tangerang

Seorang pria berinisial S alias Ugi alias Bewok ditangkap petugas BNN saat mengambil 2.076,4 gram sabu dari tempat sampah di samping Hotel Binong, Tangerang, Minggu 21 Maret 2021.

Selanjutnya petugas menangkap A alias Linting yang menaruh sabu tempat tersebut. Tersangka A mengaku bahwa dirinya diperintah oleh tersangka C (DPO), sementara tersangka S mengaku diperintah oleh tersangka P yang berada di Lapas Cirebon.

 

  1. 6.270 Gram Sabu Kemasan Teh Cina Dalam Ransel

Tim BNN melakukan penyelidikan dan pemantauan di Terminal Bus Antar Kota Antar Propinsi Bungur Asih, Surabaya (25/03) berdasarkan informasi dari masyarakat akan adanya Peredaran gelap Narkotika jenis sabu.

Sekitar Pukul 11.15 WIB Tim BNN berhasil menangkap seorang laki-laki berinisial ATR sesaat setelah turun dari bus yang kedapatan membawa sabu sebanyak 6 bungkus kemasan teh cina dengan berat 6.270 Gram dalam ransel yang di gendong di depan dadanya. Dari keterangan ATR di ketahui bahwa barang tersebut di perintahkan oleh Y (DPO) untuk di serahkan kepada AF di daerang sampang.

“Atas perbuatannya, seluruh tersangka di jerat pasal sesuai dengan Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup,”ungkap Kepala BNN RI. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *