Upaya Pemanfaatan SDA Unggulan, Pj Walikota Ambon Apresiasi BRIN

Adventorial

Ambon, CakraNEWS.ID– Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan Berbasis Fish Jelly di Hotel Santika Premier, Kamis (25/1/24).

Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Kota Ambon, Roby Sapulette, memberi apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan ini guna memanfaatkan potensi sumber daya alam unggulan khususnya di bidang perikanan laut, namun harus dipertimbangkan dan memperhatikan permasalahan yang muncul, sehingga implementasi kegiatan akan lebih efektif dan efisien.

“Sudah sering kita lakukan pemanfaatan sumber daya alam lokal sebagai sumber penghidupan kita di Kota Ambon. Hal ini memang sangat penting, namun kita masih memiliki keterbatasan dalam upaya penjualan bahan mentah tanpa sentuhan teknologi, kecuali penanganan Karena itu lanjutnya, perlu adanya pengenalan teknologi pasca panen, baik teknologi proses maupun peralatan yang dibarengi dengan pelatihan agar proses alih teknologi di masyarakat khsusunya pelaku UMKM dapat dimanfaatkan dengan baik.

Dirinya berharap, dengan kegiatan pelatihan teknologi ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Kota Ambon sehingga dapat membentuk kelompok kerja usaha mandiri yang produktif dan terlatih dalam pengelolaan berbasis komoditas unggulan perikanan laut, yang tentunya dapat melahirkan produk olahan unggulan supaya dapat memberikan nilai tambah dari UMKM.

“Bukan hanya itu saja, tetapi dapat terus mengembangkan setiap ide demi berkembangnya produk olahan yang berbasis komoditas unggulan dalam hal ini perikanan laut yang memiliki daya saing tinggi melalui pengembangan produk yang disukai pasar, ” tandasnya.

Di tempat yang sama, Perwakilan Pimpinan BRIN, Ahmad Muntako, mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan pengolahan hasil perikanan berbasis Fish Jelly melalui instruktur BRIN, sehingga dapat mendukung dan mendorong peningkatan perekonomian nelayan berupa peningkatan nilai tambah hasil laut di Kota Ambon.

“Kerjasama yang erat dengan mitra terkait baik dari pemerintah dan swasta, maupun komunitas, harus sejalan dengan pengembangan fokus pemerintah untuk membangun talenta di semua aspek. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk berbagi kompetensi.”

Untuk diketahui, kegiatan ini menghadirkan peserta pelaku UMKM, Komunitas, kelompok nelayan, serta dibuka secara resmi oleh Anggota Komisi VII, DPR-RI, Mercy Barends.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *