Waka Polda Kepri: Polresta Barelang Perlu Benahi Pelayanan Publik Kepada Masyakat

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Tingkat kepercayaan masyarakat indeonsesi terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh Polri mendapat perinkat yang sangat signifikan memuaskan.

Hal ini terbukti dari hasil data riset penelitian yang dilakukan oleh Markplus Insight yan gdipimpin oleh Prof Dr Hermawan Kertajay. Dari hasil data riset yang dilakukan oleh beberapa lembaga survey, diantaranyam Alvara,Lembaga Litbang Kompas, LSI dan The Gallup, ditahun 2018 kemarin menempatkan pelayanan publik yan dilakukan oleh Polri kepada masyarakat menempati posisi terbaik di Indonesia.

Alhasil dari hasil riset yang telah dilakukan beberapa lembaga survey Indonesia tersebut, menempatkan Polda Kepulauan Riau pada urutan 18  dari 34 Polda yang ada di seluruh Indonesia.

“Melalui tingkat kepercayaan masyarakat Kepri yang tercacat sebanyak 789.853 jiwa, dengan indek kepuasan sebesar 82,055 dan indeks kepercayaan 88,445  terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Polda Kepri. Itu artinya dari pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh Polda Kepri selama ini ada tingkat pelayanan publik yang meningkat dilakukan oleh Polres-Polres sampai dengan Polsek-Polsek  maupun yang dilakukan oleh Polda Kepri,”tutur Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah, yang didampingi Kabid Humas, Kombes Pol,S.Erlangga yang ditemui Wartawan dirungan kerjanya, Kamis (7/2/2019).

Menurutnya, pelayanan publik yang dilakukan oleh Polda Kepri maupun jajaran Polres dan Polsek kepada masyarakat Kepri, erat hubungannya dengan fasilitas maupun keterpercayaan, kecepatan, kepuasan, serta respon personil dan pimpinan dilapangan.

“ Peringkat terbaik yang diberikan oleh masyarakat Kepri terhadap pelayanan yang diberikan oleh Polda Kepri, tidak terlepas dari peran para awak media yang sangat besar dalam mempublikasi kinerja dan kegiatan yang dilakukan Polda Kepri dan jajaran. Kedepannya Polda Kepri akan terus berusaha untuk terus melakukan perubahan terhadap pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat Kepri,” ungkap Jenderal Polri berpangkat satu bintang emas itu.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil penelitian, terdapat 21 Polres yang masuk ke dalam klasifikasi kota kecil yang memiliki indeks kepuasan di atas 76,46%. Khusus untuk Polda Kepri, Polres yang masuk dalam klasifikasi kota kecil adalah, Polres Lingga dengan indeks kepuasan sebesar 95,14%, Polres Kepulauan Anambas dengan indeks kepuasan sebesar 84,10% dan Polres Natuna dengan indeks kepuasan 82,98%.

Untuk Polres Kota Kecil yang memiliki indeks kepercayaan diatas 80,37% diantaranya, Polres Lingga dengan indeks kepercayaan 98,33%,Polres Kepulauan Anambas dengan indeks kepercayaan sebesar 95,005, Polres Natuna sebesar 86,67%.

Waka Polda Kepri,Brigjen Pol,Drs Yan Fitri Halimansyah,MH
Waka Polda Kepri,Brigjen Pol,Drs Yan Fitri Halimansyah,MH

Untuk Polres dengan klasifikasi kota sedang, dengan indeks kepercayaan diatas 76,46%, ditempati oleh Polres Tanjung Pinang dengan indeks kepuasan sebesar 86,12%, disusul dengan Polres Bintan dengan indek kepuasan sebesar 80,28%.

Dari 268 Polres yang menjadi sampel yang dilakukan Survey oleh Markplus Insight dengan klasifikasi Polres yang ada di kota sedang yang memiliki indeks kepercayaan diatas 80,37%, dari 184 Polres yang menjadi sampel riset didalamnya tercatum nama Polres Tanjung Pinang dengan indeks kepuasan sebesar 93,33% dan Polres Bintan dengan indeks kepuasan sebesar 88,33%.

“Untuk kategori Polresta Barelang yang fasilitas khusus yang berada di fasilitas umum dengan tingkat indeks kepuasan diatas 76,46%. Hal ini tentu perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh jajaran Polresta Barelang dalam meningkatkan kepuasan pelayanan publik kepada masyarakat. Karena tidak ada dalam batas minimal yaitu sebesar 76,46%. Sementara untuk indek kepuasaan Polres Barelang sebesar 75,20%, dan indek kepercayaan di atas 80,37%, Polresta Barelang hanya berhasil memperoleh indek kepercayaan sebesar 83,33%,” Ungkapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.