15 Tahun Maluku Barat Daya, Bupati Hadiri Paripurna DPRD

Adventorial News

Tiakur, CakraNEWS.ID– Menjelang Peringatan HUT Kabupaten Maluku Barat Daya ke-15, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar Rapat Paripurna Khusus dalam rangka memperingati hari lahir kabupaten. Berlangsung di Ruang Sidang Paripurna DPRD MBD, Kamis (20/07/2023).

Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, Amd didampingi Wakil Ketua I DPRD MBD, Ever Mozes. Turut hadir, Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST bersama Ibu, Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si bersama ibu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama ibu, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Obed H Y. Kuara, S.Sos, M.Si bersama Ibu, Ketua TP. PKK Kab. MBD, Ketua Bidang I TP. PKK. Kab. MBD, Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten MBD, Pimpinan Instansi Vertikal, ketua partai politik, serta undangan lainnya.

Ketua DPRD MBD dalam sambutannya mengajak kita memaknai perjumpaan ini sebagai salah satu wujud kebersamaan, persaudaraan serta silaturahmi di antara kita semua. Peristiwa ini akan memperkuat ikatan batin antara kita semua dengan masyarakat MBD.

“Dengan ditetapkannya UU Nomor 31 tahun 2008 tentang pembentukan Kabupaten MBD, maka harapan besar masyarakat MBD adalah meninggalkan kemiskinan dan ketertinggalan. Oleh karena itu dikesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kita untuk merenung dan merefleksikan fungsi dan peran kita masing-masing terhadap kemajuan daerah kita,” ucap tunay.

Lanjut Tunay, kita sudah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun harus kita sadari bahwa upaya mensejahterahkan masyarakat masih memerlukan proses dan kerja lebih keras lagi.

“Dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kabupaten MBD dengan sorotan tema Terus Berlari Untuk MBD Maju, kita dituntut untuk bekerja bersama, bekerja cepat, bahu membahu dan berkolaborasi sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing agar dapat mewujudkan tujuan mensejahterakan masyarakat MBD,” ujar tunay.

Tunay menyampaikan apresiasi atas nama lembaga dan seluruh masyarakat MBD kepada Bupati, Wakil Bupati serta jajarannya atas kesungguhan dan ketulusan dalam membangun Kabupaten tercinta ini, melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Kiranya melalui kerjasama dan dukungan kemitraan yang baik, maka kita akan bersama-sama melihat kebutuhan masyarakat yang perlu diperbaiki dan dibenahi di masa yang akan datang,” lanjut tunay.

Sementara itu Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST menyampaikan pada tahun ke-15 ini kinerja pemerintah daerah telah menunjukan tren yang baik dan meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kita semua perlu melakukan refleksi bahwa setiap tahun yang telah berlalu penuh perjuangan yang tidak mudah. Namun atas karunia Tuhan yang Maha Esa dan semangat pengabdian bagi negeri untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu Kabupaten MBD yang sejahtera, maka perjuangan dan pengorbanan kita selama ini pasti tidak akan menjadi sia-sia,” ucap bupati.

Bupati menambahkan sebagaimana kebijakan strategis pemerintah daerah yang telah ditetapkan dalam Pembangunan Jangka Menengah Daerah adalah peningkatan infrastruktur dasar, mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, penurunan angka kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan daya saing daerah.

“Untuk mewujudkan kebijakan strategis ini, pemerintah daerah telah melaksanakan tugas dan fungsi dengan mengacu pada indikator kinerja makro yang didukung oleh seluruh perangkat daerah. Maka berbagai upaya pencapaian indikator kinerja yang telah dijalankan dan dicapai dengan baik,* ucap bupati.

Laju pertumbuhan ekonomi dari 0,13% yang diperoleh pada tahun 2020 akibat pandemi covid 19 menjadi 2,63% pada tahun 2021 dan 5,01% pada tahun 2022. Persentasi penduduk miskin dari 29,55% pada tahun 2021 menjadi 27,64% pada tahun 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 60,90 pada tahun 2020 menjadi 62,37 pada tahun 2021 dan 63,07 pada tahun 2022. Angka prevelensi stunting dari 29,6% pada tahun 2021 menjadi 25,7% pada tahun 2022.

“Atas keberhasilan ini, pemerintah daerah memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia pada tahun ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah pusat terhadap dukungan daerah yang mendukung program pencegahan stunting di daerah. Kami juga berhasil memberikan perlindungan bagi tenaga kerja berupa asuransi kepada 7.986 pekerja, yang terdiri dari nelayan, tukang tipar, tenaga non ASN dan tenaga lepas,” ujar bupati.

Selain itu, pemerintah daerah menerima penghargaan Universal Health Coverege (UHC) Award 2023 sebagai wujud komitmen dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia. Opini WTP dapat diperoleh selama 4 tahun berturut-turut.

“Secara umum, indikator kinerja utama yang merupakan ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis operasional di Kabupaten MBD dapat dicapai sebesar 96,21% pada tahun 2022 dengan predikat kinerja sangat tinggi. Hal tersebut dapat dicapai atas kerjasama dan kerja keras dari kita semua,” tegas bupati.

Ditambahkannya, atas segala yang telah ditorehkan bersama hingga di usia ke-15 negeri tercinta ini, menjadi alasan peringatan HUT di saat ini memilih tema “Terus Berlari Untuk MBD Maju”.

“Tema ini secara umum menggambarkan capaian pembangunan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di Kabupaten MBD sebagaimana telah digambarkan. Peningkatan pemanfaatan potensi sumber daya, serta ditunjang dengan keberadaan Kabupaten MBD sebagai wilayah perbatasan yang adalah teras depan di bagian selatan NKRI memberikan harapan dan peluang besar untuk terus berlari guna mengakselerasi pembangunan dan pelayanan masyarakat, agar lebih dapat meningkatkan keberhasilan yang telah diraih dalam berbagai bidang,” tutur bupati.

Bupati berharap untuk terus berlari dalam upaya mewujudkan MBD yang maju. Maka semangat persatuan dan kesatuan guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif serta kesadaran bersama terhadap tanggung jawab membangun negeri, sangatlah dibutuhkan. Sinergitas dan kolaborasi semua komponen masyarakat merupakan modal dasar untuk kita maju. *** cni-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *