Pekan Kedua, 3 Ribu Nama Polisi Terdaftar di Hoegeng Awards 2023

Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Polri sedang menggelar Hoegeng Awards 2023. Ada sekitar 3 ribu personel Polisi yang diusulkan hingga pekan kedua setelah program itu dibuka. Ribuan nama polisi itu telah diusulkan oleh masyarakat melalui formulir digital https://dtk.id/hoegengawards2023.

“Usulan yang masuk hingga hari ke-14, Kamis (9/2/2023) pukul 23.59 WIB, ada 3.029 nama polisi teladan yang masuk ke redaksi,” seperti dilansir dari detik.com, Jumat (10/2/2023).

Ada lima kategori di Hoegeng Awards 2023, yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Berintegritas, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Nama-nama polisi yang diusulkan terdiri dari berbagai pangkat dan jabatan, mulai level Bhabinkamtibmas hingga Kapolda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Beragam cerita menyertai nama-nama personel polisi yang diusulkan, di antaranya polisi yang membantu kaum penyandang disabilitas hingga membantu masyarakat pedalaman hingga ada juga nama polisi yang diusulkan karena membantu mengurus jenazah dari keluarga tidak mampu.

Proses validasi program ini oleh Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 dan tim detik.com. Ada lima orang tokoh masyarakat yang dilibatkan menjadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 yakni, Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, S.H., M.Si., Mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M., anggota Kompolnas Poengky Indarti,S.H., LL.M., Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi, dan anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., MM.

Penerima penghargaan Hoegeng Awards 2023 akan diumumkan di acara penganugerahan pada 14 Juli 2023. Tanggal ini bertepatan dengan peringatan meninggalnya Kapolri ke-5 almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso, yang menjadi inspirasi acara ini.

Cara mengusulkan nama Polisi untuk penghargaan Hoegeng Awards 2023:

1. Daftarkan anggota polisi di sekitarmu yang dinilai patut menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards 2023 dengan mengisi GForm di dtk.id/hoegengawardsatau klik di sini.

2a. Isi identitas diri kamu selaku pengusul berupa nama lengkap, alamat email dan nomor seluler yang bisa dihubungi.

2b. Isi juga identitas Polisi yang kamu ajukan sebagai kandidat penerima Hoegeng Awards 2023. Selain nama, informasi pangkat dan tempat berdinas polisi tersebut akan sangat berguna. Jika memungkinkan, sertakan pula foto dan video.

3. detik.comakan memvalidasi informasi polisi kandidat penerima Hoegeng Awards yang kamu daftarkan. Informasi yang telah divalidasi akan diberitakan secara selektif.

4. Polisi yang telah didaftarkan pembaca akan diseleksi menjadi 15 besar. Proses seleksi akan melibatkan Dewan Pakar yang berasal dari institusi-institusi kredibel di luar Polri.

5. Aspek yang dinilai dalam proses seleksi di antaranya adalah integritas dan dampak kepada masyarakat.

6. 15 Besar polisi hasil seleksi Dewan Pakar akan dibuatkan profil dan dilakukan uji publik di detik.com.

7. Dari 15 besar tersebut, akan disaring menjadi 5 pemenang Hoegeng Awards 2023.

8. Pemenang Hoegeng Awards 2023 akan diumumkan pada 14 Juli 2023 atau bertepatan dengan peringatan meninggalnya Kapolri ke-5 almarhum Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *