7000 Peserta Pesta Para Pahlawan,Meriahkan Hari Pahlawan di Maluku

Militer TNI

Ambon,Maluku– Semarak kemeriahan hari Pahlawan dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura dengan menggelar “Pesta Para Pahlawan”dengan menghadirkan sekitar 7.000 masyarakat Maluku yang ada di Kota Ambon.

Ivent berskala nasional itu, diselengarakan oleh Kodam XVI/Pattimura sebagai wujud untuk membangun Patrio tisme dan Nasionalisme bagi Generasi Muda di Provinsi Maluku dalam memperingati hari Pahlawan 10 November 2018

Selain itu, kegiatan yang berskala nasional ini, terselenggara berkat kerjasama antara Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dan Yayasan Pelangi Ministry Indonesia yang dihadiri 7.000 orang (Masyakat Umum, Anak-anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, para guru, Toga dan Toma) bertempat di lapangan Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu (10/11/2018)

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.IP dan Komandan Upacara Letkol Inf Edwin Charles (Sterdam XVI/Pattimura).

Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di 17 kota pada 15 Kodam seluruh Indonesia. Adapun kegiatan tersebut bertujuan, membangkitkan jiwa dan karakter kepahlawanan kepada generasi muda, mengajak generasi muda untuk lebih mencintai bangsa, mengajak untuk melawan lima musuh bangsa saat ini (Narkoba, Seks Bebas, Terorisme, Korupsi dan radikalisme) dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu di dalam perbedaaan.

Pangdam dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan, peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi momen yang penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dalam membang kitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan dan meningkatkan kecintaan kepada tanah air guna membangun karakter generasi muda yang tangguh.

“Kapitan Pattimura saat perjuangan melawan penjajah berkata, Pattimura Tua akan mati, tetapi akan bangkit lagi Pattimura-Pattimura muda untuk meneruskan perjuangan ini, semangat kepahlawanan Kapitan Pattimura tersebut lah yang patut ditiru oleh kita khususnya generasi muda sekarang ini”, ujar Pangdam.

Ivent Pesta Para Pahlawan tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai dari pawai, lomba yel-yel kepahlawanan, lomba tari kolosal, lomba parade tingkat, lomba marching band, game anak-anak dan lomba kebersihan lingkungan sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA se-kota Ambon.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan acara lintas budaya dan kearifan lokal, servis motor (Honda) gratis, berbagai kegiatan sosial seperti bazar murah, pengobatan gratis, stand makan gratis dan cukur gratis.

Pihak panitia juga menyediakan berbagai hadiah door prize mulai dari tv, kulkas, hingga motor dan hadiah hiburan lainnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *