Akselerasi Pelatihan Jurnalistik, Cetak 45 Perwira Jurnalis Kodam XVI/ Pattimura

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Pelatihan Jurnalistik yang diselenggerakan oleh Kodam XVI/Pattimura selama kurun waktu 4 hari, Rabu (18/9/2019) hingga Sabtu (21/9/2019) berhasil menghasilkan 45 Perwira Kodam XVI/Pattimura dibidang Jurnalistik.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari itu dihadiri peserta perwakilan dari masing-masing kesatuan yang ada di Kodam XVI/Pattimura khususnya Perwira yang berjumlah 45 orang. Sekembalinya dari pelatihan, seluruh peserta mampu menularkan kepada anggota lainnya di kesatuan masing-masing.

Berbeda dengan pelatihan-pelatihan sebelumnya, kali ini diadakan lomba reportasi pengambilan gambar dan penulisan berita. Terpilihlah tujuh terbaik peserta sebagai pemenang. Mulai dari peserta yang paling aktif, ibu Persit, kreativitas hingga menaiki pohon guna mengambil moment.

“Pelatihan ini bertujuan membentuk para Prajurit dengan kualifikasi dasar penerangan jurnalistik di era Digital dan menciptakan insan-insan penerangan guna memdukung tugas pokok TNI ke depan, walaupun waktu yang sangat singkat,” ujar Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan saat menutup kegiatan Pelatihan Jurnalistik, Sabtu (21/9/2019).

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Inf Jansen Simanjuntak dengan Staf Penerangan Kodam XVI/Pattimura atas inisiasi Pangdam XVI/Pattimura yang memandang kemampuan jurnalistik sangat penting dikuasai oleh Seluruh Prajurit. Pelatihan Jurnalistik Kodam XVI/Pattimura ditutup dengan Penyerahan Plakat Kepada Ketua Tim Pelatihan Jurnalistik oleh Kasdam XVI/Pattimura dan tidak ketinggalan pemberian sertifikat Pelatihan Jurnalistik kepada seluruh peserta.

Baca Juga: Kodam XVI/ Pattimura, Gelar Pelatihan Jurnalistik Kepada Prajurit Tingkatkan Kemampuan Teknologi Digital 

“Kodam XVI/Pattimura dengan semua aktivitas dan keunikannya, sangat disayangkan kalau tidak ada yang mengabadikannya dalam bentuk berita, yang penting untuk penulisan harus memuat 5 W 1 H karena menulis berita itu hakikatnya melaporkan suatu peristiwa dan di dalam peristiwa itu harus mengandung ke enam unsur tersebut,” tegas Jannus.

Sedangkan Satya Pandia menegaskan untuk berita berupa video, mengutamakan 3 hal yaitu, Informatif, Artistik dan Dramatis.

“Pelatihan ini berhasil membuat program akselerasi dalam pelatihan jurnalistik, baket /modul pelatihan jurnalistik dua bulan dengan target dan berbagai beban tugas yang harus diselesaikan di percepat (akselerasi) menjadi 4 hari. Dari sisi penyiapan dan persiapan sangat singkat, hampir betul-betul dikebut. Sedangkan sekarang sangat luar biasa, hanya pelatihan 4 hari para peserta sudah bisa memperlihatkan hasil yang cukup baik dalam hal pengambilan gambar baik visual maupun foto serta penulisan berita,” tutur Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan

Pelatihan Jurnalistik Kodam XVI/Pattimura ini menghadirkan narasumber Akademisi dan Praktisi Komunikasi dengan latar belakang jurnalis media cetak dan elektronika masing-masing Produser yang juga Koordinator Liputan 6 SCTV dan Indosiar, Satya Pandia dan mantan wartawan senior yang juga akademisi, Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan, yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *