APMA Kota Ambon Inisiasi Pembentukan Koperasi Permudah Akses Modal Pedagang Mardika

Pemerintahan

Ambon,CakraNEWS.ID- Asosiasi Pedagang Mardika (APMA) kota Ambon lakukan urung rembuk bersama para pedagang dalam rangka pembentukan koperasi usaha bersama. Urung rembuk itu digelar tepat di salah satu lapak pedagang, Selasa (28/06), sekaligus dilakukan sosialisasi oleh dinas terkait terkait target pembentukan koperasi tersebut.

Alham Valeo ketua umum APMA kota Ambon dikonfirmasi mengakui turun langsung memastikan jalannya agenda itu. Menurut Alham, koperasi penting membangun dan mengembangkan di lingkup pedagang Mardika guna menggenjot potensi dan kemampuan ekonomi anggota APMA dalam hal ini pedagang pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial.

“Nantinya koperasi yang diinisiasi APMA Kota Ambon ini berperan serta secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan pedagang. Memperkukuh perekonomian sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian daerah dengan koperasi sebagai guru utamanya,” ungkapnya.

Dikatakan hal ini dilakukan pihaknya guna mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

“APMA menyadari betul, manfaat Koperasi sesuai dengan fungsi dan perannya,” bebernya.

Dirincikan sejumlah manfaat koperasi yang tengah digodok APMA kota Ambon ialah,  memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik bagi anggota. Koperasi minimal harus memberikan kemudahan bagi anggota untuk menikmati fasilitas yang disediakan.

“Sarana pengembangan potensi dan kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Dari ini juga mengajarkan perencanaan serta marketing pengeluaran bagi anggotanya sehingga kualitas hidup pedagang meningkat,” akuinya.

Selain itu, dapat melatih kerjasama berorganisasi dan karakter baik lainnya bagi pedagang. Selain itu, prinsip kemandirian koperasi juga membuat anggotanya harus mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain.

Manfaat Koperasi Bagi Pelaku Usaha di Mardika Kota Ambon secara resmi dituliskan sebagai berikut:

  1. Memberikan akses untuk mendapat modal usaha
  2. Pelaku usaha dalam hal ini pedagang memiliki beberapa akses dan pilihan untuk memperoleh modal bagi usahanya.
  3. Mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan perkembangan usaha agar kualitas produk dan manajemen UKM meningkat
  4. Koperasi adalah prioritas lembaga perekonomian di Indonesia termasuk di daerah. Dalam hal ini dijalankan oleh APMA kota Ambon
  5. Menumbuhkan kemandirian, disiplin, dan kerjasama untuk peningkatan finansial bagi anggota usaha yakni pedagang Mardika.

“Kongkritnya, koperasi dapat memperoleh manfaat berupa etos kerja, seperti kemandirian, disiplin, kerjasama dan lain-lain saat mengembangkan usaha para pedagang,” pungkasnya.*CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.