Asri Arman Hadiri Dialog Kekeluargaan HIPMMAST IAIN Ambon

Pendidikan

Ambon,CakraNEWS.ID-Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pelajar Mahasiswa Maluku Sulawesi Tenggara (Hipmmast) IAIN Ambon menggelar dialog kekeluargaan, Minggu (06/08/2023). Dialog tersebut berlangsung suskes di Aula Training Center IAIN Ambon.

Mengulik tema “Sejarah Orang Buton di Maluku dan Keberadaannya,” agenda tersebut dihadiri tokoh masyarakat sekaligus politisi Asri Arman.

Asri Arman sendiri diketahui merupkan tokoh yang dikenal berpengaruh dilingkup suku Buton Maluku. Dirinya saat ini adalah anggota DPRD Provinsi Maluku daerah Pemilihan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Selain Asri Arman, hadir pula Budayawan Buton, La Yusri. Ketokohan La Yusri selaku budayawan sudah melekat sebagai identitas. Hal ini kemudian menjadikan Dialog yang dimoderatori oleh Noni Kaimudin semakin menarik untuk diikuti.

Tidak sebatas isapan jempol belaka, terbukti dengan antusias peserta memenuhi ruang dialog kekeluargaan tersebut. Selain Asri dan La Yusri, hadir pula sebagai pemateri, Prof. Dr. La Jamaah, akademisi kawakan IAIN Ambon.

Ketua DPC Hippmast IAIN Ambon, Nursela dalam sambutan sebagaimana dikutip dalam laman saburomedia, menyatakan, dialog kekeluargaan ini merupakan napak tilas memahami sejarah keberadaan orang Buton di Maluku.

“Terutama bagi generasi muda ditengah arus modernisasi saat ini dimana nilai-nilai budaya mulai tergerus karena kurangnya pemahaman akan sejarah,” ungkap dia.

Nursela mengajak untuk para peserta yang hadir untuk tidak melupakan sejarah asal usul kelahiran, terutama generasi muda yang menjadi pewaris sejarah agar dapat memelihara dan melestarikan nilai budaya yang diwariskan para leluhur. Dialog kekeluargaan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar sesama warga keturunan Sulawesi Tenggara di Maluku.

Sejumlah besar peserta yang hadir, tampak didalamnya para tokoh Buton kota Ambon, sejumlah pimpinan Lingkup Akademik IAIN Ambon, ketua BKPRMI Maluku, Ahmad Ilham Sipahutar, juga puluhan peserta memenuhi ruangan tersebut.*CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *