Pemkota Ambon Gelar Penyusunan Kontingensi Kebencanaan

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menyelenggarakan kegiatan “Penyusunan Rencana Kontingensi Banjir Bandang Kota Ambon Tahun 2023/2026”, di Manise Hotel, Senin, (7/8/23).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena. Dalam sambutan yang disampaikan, kegiatan yang dilakukan saat ini bertujuan untuk menyiapkan masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam, termasuk banjir bandang.

“Tujuan kegiatan ini, pemerintah masyarakat dan stakeholder lainnya dapat menghadapi bencana. Sebab masyarakatlah yang akan terkena dampak langsung,” tutur Wattimena.

Lanjutnya, hal tersebut juga mesti menjadi perhatian khusus Desa/Negeri/Kelurahan, guna menyusun rencana kontingensi penanggulangan agar pemerintah melalui dinas teknis dapat mengintervensi kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelum terjadi bencana.

Selain itu dirinya menambahkan, perlu ada sinergitas antar dinas teknis guna menghindarkan warga kota ini dari kejadian-kejadian buruk yang diakibatkan oleh bencana alam.

“Karena itu paling penting adalah bekerja sama, Dinas PUPR harus menormalisasi sungai, selanjutnya PRKP sebelum menerbitkan IMB untuk pembangunan supaya disurvei terlebih dahulu, dari kegiatan ini akan dihasilkan dokumen perencanaan yang terintegrasi supaya jauh kita sudah mempersiapkan antisipasi,” tandasnya.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat menambah pemahaman, serta meningkatkan kapasitas para peserta dalam menyinkronisasi siaga tangguh bencana.

“Saya berharap kegiatan ini pada waktu ya dapat memberikan pemahaman meningkatkan kapasitas kita semua, para peserta dalam upaya untuk koordinasi guna sinkronisasi, agar kita siap siaga tangguh bencana,” pungkas, Wattimena.

Untuk diketahui kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai hari ini sampai dengan 9 Agustus mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *