Bahas Pembangunan Kesehatan, Samun Rumakabis Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Polin

Adventorial News

Siwalalat, CakraNEWS.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Samun Rumakabis menghadiri kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Puskesmas Perawatan Polin Kecamatan Siwalalat Jumat (27/10/2023).

Kegiatan yang di secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis dan dihadiri Camat Siwalalat, Kapolsek, Babinsa, Kepala Puskesmas, para Kepala Desa, serta staf tenaga kesehatan.

Lokmin Lintas Sektor (Linsek) ini membahas tentang pembangunan kesehatan di Kecamatan Siwalalat dan lebih umumnya di Kabupaten SBT, serta menjawab isu-isu strategis di sektor kesehatan, seperti progres penanganan stunting, pelayanan KB, kelas ibu hamil, imunisasi serta posyandu lansia, yang semuanya adalah kegiatan rutin yang ada di Puskesmas.

Rumakabis, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kunci sukses pembangunan kesehatan ada di pundak tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh tenaga kesehatan untuk selalu bekerja dengan menggunakan hati dalam memberikan pelayanan.

“Kita sebagai aparatur, khususnya yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan, satu janji yang kita pegang, yaitu pelayanan,” kata Rumakabis.

Menurutnya, pelayanan yang baik adalah faktor terpenting yang harus dipegang tenaga medis. Tak hanya tenaga medis, tapi semua aparatur yang bergerak di sektor pelayanan dasar seperi kesehatan.

“Negara modern itu maju dan berkembang, serta aksesibilitasnya cepat, karena dipengaruhi oleh faktor layanan itu sendiri. Nah, kita yang ada di kesehatan, jaga layanan itu dengan baik. Caranya, menenangkan hati kita dalam memberikan pelayanan,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, Lokmin Lintas Sektor harus menjadi perekat menyatukan kekuatan pelayanan.

“Kumpul-kumpul seperti ini, berarti kita punya kekuatan. Bukankah kita kuat karena kita bersama, dan kita sukses karena kebersamaan yang kita bangun. Jadi, sekali lagi, kita yang hadir ini harus bisa membangun sinergi dan kolaborasi yang baik dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat,” tandas orang nomor satu di Dinas Kesehatan ini.

Ia juga mengatakan bahwa Lokmin Lintas Sektor adalah sebuah wadah diskusi seputar pelayanan kesehatan yang rutin dilaksanakan setiap triwulan dalam rangka mendapatkan informasi terkait masalah-masalah yang timbul dalam pelayanan kesehatan di desa dan kecamatan.

“Wajib bagi kami dari Dinas Kesehatan untuk hadir di pertemuan ini, karena Puskesmas adalah perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan juga,” kata Rumakabis.

Dia menyebutkan, setelah pertemuan dilakukan dan ada permasalahan yang timbul untuk segera ditindaklanjuti, maka pihaknya akan segera mengoordinasikan dengan pimpinan dan lintas sektor lainnya untuk menyelesaikan berbagai persoalan daerah khususnya pada sektor kesehatan.*** CNI-06/im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *