Berantas Korupsi Di Sulteng, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto Gagas Program “Jumat Bersepeda KK”  

Nasional

Sulteng,CakraNEWS.ID- Aktifitas berolahraga dengan bersepeda yang intens dilakukan oleh Komjen Pol (Purn), Andap Budhi Revianto, memiliki ciri khas tersendiri dalam roda pemerintahan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab negara, selaku Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, konsep bersepeda, menjadi ide dan gagasan baru bagi Komjen Pol (Purn), Andap Budhi Revianto dengan mengimplementasikan program  “Jumat Bersepeda KK”.

Program “Jumat Bersepeda KK”, yang di implementasikan di lingkungan Pemerintahan Daerah, baik Provinsi Kabupaten/Kota se-Sultra, beserta seluruh jajaran di Provinsi Sulteng, sebagai langkah dan upaya menanamkan nilai-nilai anti korupsi dan upaya pemberantasan korupsi.

“Jumat Bersepeda KK akan dijadikan komitmen bersama dan akan diimplementasikan secara konsisten di Sultra sebagai langkah dan upaya menanamkan nilai – nilai anti korupsi dan upaya pemberantasan korupsi,” ungkapnya saat mengikuti Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) di Gd KPK, Kamis (23/11/2023).

Mantan Kapolda Sulteng itu menuturkan, “Jumat Bersepeda KK” sendiri adalah akronim dari Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil, dan Kerja Keras.

“Jumat Bersepeda KK diharapkan dapat membangun karakter Penyelenggara Negara yang berintegritas dan berani menolak segala bentuk korupsi,” Harapnya.

Integritas, kata Andap, harus dimulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dalam dunia kerja. Ia menginstruksikan ASN di Sultra, modal pertama adalah jujur, langkah selanjutnya dengan mematuhi berbagai peraturan yang ada seperti kode etik dan lain sebagainya.

“Jaga integritas dalam kehidupan sehari-hari dan hindari adanya konflik kepentingan. Para Pimpinan perlu memberikan contoh dan teladan kepada jajarannya,” pintanya.

Andap mengatakan, dalam level organisasi, Pemerintah Provinsi Sultra akan mengambil sejumlah langkah untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari korupsi.

PENJABAT GUBERNUR SULTENG,KOMJEN POL (PURN) ANDAP BUDHI REVIANTO
PENJABAT GUBERNUR SULTENG,KOMJEN POL (PURN), Dr. ANDAP BUDHI REVIANTO,S.IK,M.H

“Pemprov Sultra harus memiliki kebijakan yang mendukung penerapan anti korupsi seperti sistem rotasi dan mutasi jabatan, perijinan yang kesemuanya tanpa adanya konflik kepentingan,” Ujarnya.

Andap menuturkan, Pemprov Sultra juga diharapkan mensosialisasikan kembali layanan pengaduan dan whistleblowing system (WBS) yang dapat dengan mudah diakses masyarakat di situs https://www.sultraprov.go.id/.

“Kami berupaya membentuk komitmen antikorupsi dari level organisasi hingga level individu di Sultra. Mulai dari Pimpinan tertinggi hingga ke level pelaksana,” tutur Andap.

PAKU Integritas yang diselenggarakan KPK kali ini merupakan batch kelima yang diselenggarakan selama dua hari dimulai pada hari Rabu tanggal 22 hingga hari Kamis malam tanggal 23 November 2023 puk 21.30 WIB.

Pj Gubernur terlihat hadir didampingi oleh Wakil Ketua 1 DPRD Sultra Herry Asiku beserta para Penjabat Gubernur dan Ketua DPRD dari 12 Provinsi bersama para pasangan. Kegiatan ini mengusung motto “Tancapkan Integritas dalam Tiap Langkah Tugas”.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *