Bermain Korek Api, Rumah Guru SD 26 Ambon Hangus di Lalap Jago Merah

Hukum & Kriminal

Ambon,CakraNEWS.ID– Tangisan penuh haru keluar dari mata, Dahlia Tehuayo (40 tahun), saat melihat rumah kediamannya di Dusun Gadihu, RT 02/RW 13, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, hangus dilalap api,Senin (26/11/ 2018), sekitar pukul 11.00 WIT.

Ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai Guru SD Inpres 26 Galunggung, tidak bisa berkata dan pasrah saat melihat nyala api yang membesar dan membakar bangunan rumah yang ditempati oleh dirinya bersama dengan anak  dan saudaranya.

Usut punya usut, terbakarnya rumah Dahlia lantaran salah seorang cucunya, AT (6 tahun) diketahui memainkan korek api didalam kamar tidur rumahnya, hingga membakar kasur tidur.

“Saat itu beta (saya) ada cuci piring di dapur. Kemudian anak saya (Nur), berteriak ada kebakaran,” ungkap Endang Tehuayo/Bacco (36 tahun), adik korban kepada wartawan di lokasi kejadian.

Mendengar teriakan anaknya dari dalam kamar, Endang sang adik sepupu Dahlia yang saat itu tengah asik memasak di dalam dapur langsung berlarian kearah terikan anaknya. Endang pun kaget saat melihat api yang mulai membakar kasus didalam kamar tidur anaknya.

Upaya  untuk memadamkan api yang membakar kasus tidur anaknya,dilakukan oleh Endang dengan mengambil air dan menyiram nyala api tersebut. Namun upaya untuk memadamkan nyala api, tidak mampu dilakukan oleh Endang lantaran nyala api mulai membesar dan membakar kasur tempat tidur anaknya.

“Beta ambil air untuk menyiram api. Tapi tidak bisa mati (padam). Beta lalu keluar meminta tolong warga,” tutur Endang, dengan dialeg Ambon.

Melihat kebakaran, warga setempat berusaha menjinakan “si jago merah”, menggunakan peralatan seadanya. Api berhasil dijinakan dan tidak merembet di rumah tetangganya yang lain. Kebakaran berhasil diatasi setelah 5 unit mobil Dinas pemadam kebakaran Kota Ambon tiba di TKP.

Menurut Endang, saat kebakaran terjadi, kakak perempuan nya itu baru saja pergi ke sekolah untuk mengawasi pelaksanaan tes semester pertama.

“Kakak saya, baru pergi sekolah sekitar pukul 10.00 WIT. Saya lalu cuci piring. Sementara anak korban dan cucunya serta anak saya nonton TV di ruang tengah,” terangnya.

Aparat kepolisian saat ini sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Hingga berita ini diturunkan Kapolsek Sirimau, AKP. Mido,Damanik,SIK, yang dikonfirmasi CakraNEWS.ID, melalui telephone selelurnya, belum bisa terkonfirmasi. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.