Bhabinkamtibmas Polsek Babar Wujud Nyatakan Kepedulian dan Pembinaan di Tengah Masyarakat

Polri

MBD, CakraNEWS.ID– Sebagai Bhabinkamtibmas, melaksanakan tugas pembinaan merupakan wujud nyata kepedulian terhadap masyarakat. Pembinaan kerap dilakukan dengan himbauan kamtibmas, bersosialisasi serta melakukan komunikasi sosial secara dialogis dengan masyarakat dalam upaya mewujudkan terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kali ini Bhabinkamtibmas Polsek Babar Timur ,Bripka Sammy Patutetuy melaksanakan program pembinaan, melalui kegiatan Sambang di Desa Nura, Kecamatan Pulau Masela, Kabupaten Maluku Barat Daya, Sabtu (06/04/2024).

Bripka Patutetuy membangun komunikasi dan mengingatkan warga untuk bersinergi dengan aparat Kepolisian dalam menciptakan stabilitas kamtibmas di Desa. Diisamping itu, warga diajak bersama-sama Polri mencegah adanya isu-isu yang tidak benar (Hoax) yang bersifat menyesatkan yang berpengaruh pada stabilitas kamtibmas di Desa.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K pada tempat berbeda melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno mengatakan, kegiatan sambang yang dilakukan Bhabinkamtibmas bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat melalui himbauan dan pesan-pesan kamtibmas serta mendengar secara langsung keluhan yang disampaikan masyarakat serta menjadikannya sebagai acuan untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam upaya memelihara Kamtibmas serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Lebih lanjut Kasi Humas menjelaskan, menyangkut pelaksanaan tugas, fungsi dan peran Bhabinkamtibmas sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas, dirumuskan secara rinci bahwa tugas Pokok Bhabinkamtibmas yaitu melakukan pembinaan kepada masyarakat, menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat (problem solving), dan melakukan tugas perbantuan serta melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan yang terjadi di Desa.

“Dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebagai seorang Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan dalam membina kamtibmas di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja Polri,”tutup Kasi Humas.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan Kepolisian secara efektif kepada masyarakat, personel Polsek Kisar selalu hadir ditengah-tengah masyarakat guna mendekatkan diri kepada masyarakat melalui kegiatan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas demi kelancaran dan kenyamanan para pengguna jalan.

Bripkda M. Davidsz dan 2 rekannya melakukan kegiatan pengaturan arus lalu lintas di jalan (Gatur Jalan) bagi pengendara yang melakukan aktifitas. Guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas pada tempa rawan yakni, lokasi Depan SD Negeri 1 Wonreli ,Kecamatan Kisar Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, Sabtu (06/04/2024).

Dalam kegiatan Gatur Jalan dibangun pula komunikasi oleh Polri dengan warga yang berkendara, untuk mematuhi aturan berlalu lintas dalam hal menggunakan helm serta mempersiapkan surat kendaraan bermotor (SIM, BPKB dan STNK) pada saat akan melakukan aktifitas berkendara dijalan raya, sebagai jaminan kelengkapan kendaraan bermotor apabila sewaktu-waktu mengalami resiko kecelakaan lalu lintas yang tidak diduga.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno mengatakan, Kegiatan pengaturan lalu lintas adalah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh personel Polri dengan maksud untuk memperlancar arus lalu lintas serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

“ Pimpinan menekankan kegiatan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas oleh personel Polri adalah merupakan bentuk Harkamtibmas di bidang Lantas yang mengedepankan kegiatan Edukatif dan Persuasif serta Humanis dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas terutama penggunaan helm saat berkendara, “ tutur Kasi Humas.

Kasi Humas juga menambahkan, melalui komunikasi dalam bentuk himbauan dan sosialisasi Kamseltibcarlantas yang dibangun oleh personel Polri kepada masyarakat semata-mata bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan korban Fatalitas.

“Dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebagai seorang anggota Polri pada wilayah Kepolisian Sektor dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja Polri,“ tutup Kasi Humas.*CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *